Kapolda NTB Pimpin Pengibaran Bendera Di Bukit Selong, Sekaligus Menerima Gelar Prabekel Gumi Rinjani

Rosyidin
Sabtu, Agustus 13, 2022 | 16.52 WIB
PENGIBARAN BENDERA: Kapolda NTB Pimpin Pengibaran Bendera Merah Putih Di Bukit Selong. (Foto: Polda/MP)

MANDALIKAPOST.com - Sembalun yang berda di kaki gunung Rinjani memiliki daya tarik yang tiada duanya, sehingga daerah ini kerap dijadikan tempat berkegiatan oleh para pemangku kebijakan. Salah satunya belum lama ini, Kepala Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat (Kapolda NTB), Irjen Pol Djoko Poerwanto memimpin pengibaran bendera di Bukit Selong, dalam rangka menyambut HUT RI Ke-77 Tahun 2022.


Pengibaran bendera Merah Putih, dipimpin langsung sang Jendral berlangsung sangat hikmad di bukit Selong, Desa Sembalun Lawang, Kecamatan Sembalun Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Jumat 12 Agustus 2022 kemarin.


Pengibaran Bendera tersebut, sebagai rangkaian kegiatan menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI) yang ke-77, pada hari Rabu 17 Agustus 2022.


"Hari ini (kemarin-red), kegiatan kita mengibarkan Bendera di Bukit Selong (Sembalun). Untuk menyambut perayaan HUT RI ke-77 tahun 2022 ini," kata Kapolda.


Sembalun menjadi sebuah tempat istimewa bagi Kapolda NTB, Irjen Pol Djoko Poerwanto. Dimana sehari sebelum pengibaran bendera di bukit tersebut, sang Jendral di anugerahi Gelar Adat "Pengeraksa" oleh MAS (Masyarakat Adat Sembalun).


"Sembalun, salah satu tempat yang istimewa buat saya. Pokoknya Sembalun Is The Best, terutama masyarakat adatnya," ucapnya.


Kedatangan Kapolda NTB beserta rombongan, disambut hangat oleh masyarakat dengan tradisi adat Sembalun dan di iringi gambelan masyarakat setempat.


Acara dimulai sekitar pukul 09.00 Wita. Meskipun bukit itu tinggi dan curam, Kapolda NTB bersama rombongan terus berusaha menaikinya untuk dapat mengibarkan bendera di tempat itu.


"Tentu kita ngos-ngosan, namun dengan  semangat terus berkobar hal itu tidak terasa. Meskipun bukitnya tinggi, kita terus memacu langkah kita," ujarnya.


"Bagi kita ini tidak seberapa, jika dibandingkan dengan perjuangan para pahlawan bangsa yang gugur di medan pertempuran saat mengusir penjajahan  untuk meraih kemerdekaan Indonesia yang kita cintai ini," imbuhnya.


Hadir dalam kegiatan itu, sejumlah Pejabat Utama Polda NTB, Kapolres Lotim, Pejabat Utama Polres Lombok Timur, Para  Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Budaya, Tokoh Pemuda dan Masyarakat serta perwakilan para pelajar yang ada di Kecamatan Sembalun.



GELAR ADAT: Kapolda NTB Dianugerahi Gelar "Pengeraksa" Oleh Masyarakat Adat Sembalun. (Foto: Polda NTB/MP)

Untuk diketahui dalam kunjungan kerjanya di Sembalun. Kapolda NTB Irjen Pol. Drs. Djoko Poerwanto diberikan penghargaan Gelar Adat "Pengeraksa" oleh Masyarakat Adat Sembalun (MAS).


Giat itu berlangsung di Bale Berugak Adat Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun Lombok Timur. Kamis 11 Agustus 2022.


Dalam hal ini Bupati Lotim, HM Sukiman Azmy selaku wali paer adat Lotim mengucapkan selamat kepada Kapolda NTB yang telah menerima gelar Pengeraksa Adat Sembalun Sasak Lombok Timur.


"Selamat kepada Bapak Kapolda, kewajiban Kapolda adalah mengawal turun temurun adat di Sembalun," ucapnya.


Orang Nomor satu di Lombok Timur ini berharap, cita - cita masyarakat sembalun dapat dikawal oleh kapolda NTB.


"Atas nama masyarakat sembalun, saya  mohon maaf apabila ada tutur kata dan sikap yg tidak berkenan," ujarnya.

 

Atas penghargaan yang diberikan kepadanya, Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto mengatakan. Atas nama pribadi dan nama Polda NTB, memohon maaf kepada masyarakat Sembalun atas gelar Prabekel Gumi Rinjani yang di emban.

 

"Saya yakin Allah akan memberikan yang terbaik bagi kita semua, yang berbuat dan berniat baik. Saya mengapresiasi atas penghargaan setinggi-tingginya kepada masyarakat Sembalun," tuturnya.


Pada kesempatan itu juga, ia mengajak seluruh anggota Polda NTB hingga jajaran Polsek untuk dapat menjaga amanah masyarakat adat sasak Sembalun.


"Saya selaku kapolda NTB mengharapkan kerjasama seluruh anggota Polri, khususnya di wilayah lingkup Polda NTB sampai jajaran Polsek. Untuk dapat menjaga amanah yang diberikan oleh, masyarakat adat Sasak Sembalun", Harapnya.


Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Djoko Poerwanto, beserta para PJU Polda NTB, Kapolres Lotim AKBP Hery Indra Cahyono, SH. SIK., MH, Dandim 1615 Lotim Letkol Amin M. Said, Bupati kab Lotim Drs. H.M. Sukiman Azmy MM, Muspika kec. Sembalun, Kades Sembalun bumbung Sunardi, dan Tokoh pengembang adat  serta masyarakat adat Sembalun bumbung.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kapolda NTB Pimpin Pengibaran Bendera Di Bukit Selong, Sekaligus Menerima Gelar Prabekel Gumi Rinjani

Trending Now