Iklan BNS

Sembalun Paragliding Kembali Gelar Festival Fun and Fly di Kaki Gunung Rinjani

Rosyidin
Minggu, September 25, 2022 | 22.16 WIB
Event: Peserta Festival Sembalun Paragliding Fun and Fly saat Landing, (Fhoto: Rosyidin/MP).

MANDALIKAPOST.com - Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Lombok Timur, berkolaborasi dengan FASI LOTIM Sembalun Paragliding Club. Menggelar Sembalun Paragliding Festival Fun and Fly yang kedua di Bukit Lawang, Kecamatan Sembalun Lombok Timur, selama dua hari 24-25 September 2022.

Festival Sembalun Paragliding yang kedua ini, diikuti oleh puluhan pilot Paragliding dari berbagai daerah yang ada di Lombok dan Sumbawa.

Giat tersebut dinisiasi oleh BPPD Lombok Timur yang bekerja sama dengan FASI Provinsi NTB dan FASI Lotim menjadi bagian dari ikhtiar bersama untuk menjadikan event Tahunan di Sembalun.

Hal itu diungkapkan oleh ketua BPPD Lomtim, Muhammad Nursandi dalam sambutannya. "Insyaallah kedepan, paragliding ini salah satu event tahunan yang dimiliki Sembalun", katanya.

Paragliding ini akan menjadi teradisi yang dimiliki masyarakat Sembalun. Dan semangat bersama untuk mempromosikan Sembalun sebagai sport tourism.

Karena menurutnya, dengan Paragliding maupun para motor. Sembalun memiliki tujuh gunung atau bukit yang sesungguhnya sangat menarik nan indah untuk di explore.

Semangat dan cita cita bersama, menjadikan Sembalun kedepannya sebagai sport tourism khusus untuk Paragliding dan para motor bisa terlaksana setiap tahun, dan jadi teradisi serta ikon Sembalun.

"Itu harapan kami dari BPPD Lombok Timur. Dan saya berharap sekali kepada teman teman khususnya yang berdomisili di Sembalun ini menjadikan Paragliding sebagai aikonnya", harap Sandi.

Mengembangkan pariwisata sambungnya, harus dibangun secara militan dan diperlukan kekompakan dari semua stackholder termasuk penentu kebijakan di daerah.

"Itu yang ingin kami dorong, agar teman-teman di Sembalun memiliki event Paragliding sekelas nasional dan Internasional yang diadakan di Sembalun", imbuhnya.


Para pilot Paragliding saat mengikuti Sembalun Paragliding Festival Fun and Fly di bukit Lawang, (Fhoto: Rosyidin/MP).

Ketua FASIDA NTB, Jupni menambahkan. FASIDA Lotim Sembalun Paragliding Club diminta terus berjuang dalam kondisi apapun, untuk mengembangkan Paragliding (Paralayang) di daerah setempat.

"Semangat terus, mari kita bergerak, kita berjuang dengan kondisi apapun. Kita harus mampu dan majukan terus Lombok Timur dan NTB khususnya", pungkasnya.

Sementara itu, Ketua FASIDA Lombok Timur, Royal Sembahulun SH sangat mengapreasiasi Pemda Lotim. Dalam dua tahun terahir ini, secara konsisten telah mensuport untuk menyelenggarakan event tersebut melalui BPPD setempat.

"Kami sangat berterimakasih, khusus kepada Pemda Lotim yang telah mensuport kami mengadakan event ini", ucapnya.

"Dan kami ucapakan terimakasih kepada kawan-kawan yang hadir ditenpat kami ini. Semoga acara ini berjalan dengan sukses", sambungnya.

Ia pun melanjutkan sambutannya, dengan berbagai potensi yang ada di Lombok Timur. Salah satunya Paragliding ini kedepan mampu dikembangkan melalui event-event yang ada.

"Tahun ini Fun Fly ya, Tahun berikutnya kita berharap kejuaraan-kejuaraan Nasional juga bisa terselenggara disini", harapannya.

Karena di Sembalun sendiri sambungnya, memiliki banyak tempat take off Paragliding, setidaknya empat bukit yang bisa digunakan tempat untu take off yakni bukit Pergasingan, bukit Lawang, bukit Telaga dan Selong.

"Jadi itu ya, kenapa kita mau adakan kejuaraan paralayang tingkat nasional. Insyaallah alam di Sembalun sangat mendukung", ujar Royal.

Namun demikian, ia mengaku saat ini clubnya belum maksimal karena akses menuju take Off yang ada belum tergarap.

Parktisi pariwisata ini pun berharap, kepada pemerintah dan stakeholder yang ada tidak hanya bisa menyelenggarakan event saja. Tetapi kedepannya bisa mensuport berupa akses menuju take off Paragliding di daerah tersebut.

"Sehingga apa yang kita inginkan untuk membuat event event sekala besar itu dapat terujud. Khusus di Paragliding", pungkas Royal.

"Itu ya, semoga keluhan kami ini bisa diakomodir oleh pemerintah dan instansi terkait. Mengingat paralayang ini, tentunya juga dapat menggerakkan perekonomian masyarakat seperti daerah lainnya", imbuhnya, mengakhiri sambutannya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sembalun Paragliding Kembali Gelar Festival Fun and Fly di Kaki Gunung Rinjani

Trending Now

Iklan