Gubernur Zulkieflimansyah Resmikan Gedung IGD Terpadu dan Trauma Center RSUD Provinsi NTB

MandalikaPost.com
Sabtu, Desember 24, 2022 | 19.05 WIB

Gubernur Zulkieflimansyah Resmikan Gedung IGD Terpadu dan Trauma Center RSUD Provinsi NTB.


MANDALIKAPOST.com - Gubernur NTB, Dr. H. Zulkieflimansyah didampingi oleh Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Provinsi NTB, dr. H.  Lalu Herman Mahaputra, M.Kes, MH meresmikan Gedung IGD Terpadu & Trauma Center RSUD Provinsi NTB, Sabtu 24 Desember 2022.


Dalam sambutannya, Bang Zul memberikan apresiasi atas capaian yang telah diraih oleh RSUD Provinsi NTB, salah satunya dalam menghadirkan layanan fasilitas IGD Terpadu & Trauma Center yang menjadi pemicu semangat dalam mewujudkan RSUD NTB untuk menjadi Rumah Sakit Rujukan di Indonesia Timur.


"Hari ini menjadi saksi sejarah bahwa kita,  meresmikan satu bangunan yang akan jadi pemicu awal semangat kita untuk berbuat lebih baik lagi dan akan menjadikan Rumah Sakit terbaik yang akan jadi rujukan di Indonesia Timur," tutur Bang Zul. 


Provinsi NTB sebagai salah satu daerah yang menyelenggarakan berbagai event nasional dan internasional sudah menjadi syarat untuk dapat menyediakan Rumah Sakit kelas dunia.


"Salah satu satu syarat adanya event Internasional maka harus memiliki Rumah Sakit kelas dunia, ini adalah tuntutan kita akan menjadi host dalam global events tahun depan banyak sekali, Rumah Sakit bertaraf internasional sehingga para atlet dunia yang datang ke tempat kita secara sikologis merasa nyaman," tuturnya.


IGD Terpadu & Trauma Center RSUD Provinsi NTB didesain untuk menunjang kegiatan internasioanal, seperti event WSBK, MotoGP, MX GP, Iron Man dan lain sebagainya. Adengan fasilitas helipad yang terintegrasi dan ruang perawatan khusus yang disiapkan sebagai ruang penerimaan atlet internasional.


Sehingga, apabila dibutuhkan penanganan medis ketika berlangsungnya event, semuanya terintegrasi dengan sarana diagnostic, ruang intensif dan kamar operasi yang semunanya berada dalam 1 gedung terpadu.


dr. Jack sapaan akrab Direktur RSUD Provinsi NTB menjelaskan bahwa kehadiran Gedung IGD Terpadu & Trauma Center RSUD Provinsi NTB menjadi pelayanan rujukan reguler, juga memberikan nilai tambah untuk event- event Internasional. 


"Alhamdulillah, Gedung ini yang kita nantikan akan memberikan nilai tambah untuk event - event Internasional, InsyaAllah bulan Maret WSBK sudah bisa dimanfaatkan," pungkasnya. 


Ia juga memaparkan bahwa Provinsi NTB diusia yang ke - 64 tahun, mendapatkan kado terindah yaitu pelaksanaan Operasi Bedah jantung terbuka di RSUD Provinsi NTB. 


"Alhamdulillah, tadi bapak Gubernur sudah menjenguk pasien, dari 11 pasien sebanyak 2 pasien sudah dioperasi, InsyaAllah 9 lagi akan dioperasi pada bulan berikutnya," jelas dokter Jack. 


IGD Terpadu & Trauma Center RSUD Provinsi NTB juga mampu menangani kasus trauma secara lebih baik karena terintegrasi dengan sarana diagnostik, seperti Radiologi, CT scan dan MRI, ruang intensif, kamar operasi yang semua berada dalam 1 gedung. 


"Demikian juga jika adanya rujukan atau keperluan rujuk cepat RSUP sudah memiliki kemampuan mentransfer pasien apapun karena sudah dilengkapi 4 ambulan berstandart ICU dan IGD baru sudah dilengkapi dengan helipad yang memungkinkan dilakukanya evakuasi udara," jelasnya.


Selain itu, IGD baru juga memiliki design penanganan ibu dan anak yang terintegrasi dalam 1 gedung sehingga diharapkan dapat menekan kasus kematian ibu dan anak. RSUP NTB memiliki 112 spesialis dan 32 sub spesialis dengan IGD terpadu ini diharapkan layanan akan menjadi lebih baik.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur Zulkieflimansyah Resmikan Gedung IGD Terpadu dan Trauma Center RSUD Provinsi NTB

Trending Now