Iklan BNS

Gubernur NTB: Cuaca Ekstrem Harus Tetap Waspada

Ariyati Astini
Sabtu, Desember 24, 2022 | 20.56 WIB

 

Gubernur NTB H.Dr. Zulkieflimanayah




MANDALIKAPOST.com- Cuaca ekstrem yang terjadi sejak beberapa hari ini mengakibatkan berbagai musibah seperti longsor, banjir, dan pohon tumbang di sejumlah wilayah di Provinsi NTB.  


Gubernur NTB Dr. H. Zulkieflimansyah mengungkapkan bahwa cuaca ekstrem  ini tidak dapat dihindari dan memang sudah terjadi sejak dari dulu.


"Kondisi cuaca ya kita lihat sejak kita kecil ya begini-begini aja dan saya semalam sudah melihat berbagai tempat yang heboh di dunia maya sebagai banjir viral dan sebagainya, setelah kita datang ya memang masalahnya hampir semua di seluruh indonesia ini  karena curah hujan yang besar," ungkapnya di Mataram, Sabtu, 24 Desember 2022


Penebangan pohon juga menjadi salah satu faktor terjadinya banjir dan tanah longsor. Karenanya mengatasi persoalan banjir dan longsor ini harus dilakukan dari hulu. 


"Tidak ada yang nahan di gunung karena banyak pohon yang sudah ditebang itu langsung membawa tanah, itu yang membuat selokan itu kadang kadang tertutup, mepet sehingga air tidak ngalir ke lautan  tapi mengganggu masyarakat kampung- kampung, "ujarnya. 


Persoalan banjir ini tidak akan terselesaikan jika hanya difoto kemudian diupload di media sosial namun terlebih dibutuhkan kesadaran semua pihak. 


"Kita berharap ,tidak cukup dengan memfoto kemudian memviralkan, minimal gotong royong, jangan tunggu mepet dulu, dibersihkan lingkungan desa kelurahan bersama sehingga air lancar mengalir dan banjir bisa kita hindarkan, " tandas orang nomor satu di NTB ini. 


Dijelaskan pula bahwa Jalan bypass Mandalika yang terkena longsor bukan karena bukitnya yang longsor, melainkan batu yang ditaruh di sekitarnya Dan kondisinya saat ini sudah diperbaiki. Ia juga menghimbau masyarakat untuk tetap waspada. 


"Ya hati-hati tapi jangan juga takut berlebihan. Waktu kita kecil kan gini-gini  juga ," pungkasnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur NTB: Cuaca Ekstrem Harus Tetap Waspada

Trending Now

Iklan