Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Buruh Migran Internasional, ini dia Rangkaian Acaranya

Ariyati Astini
Kamis, Desember 08, 2022 | 15.37 WIB

 

Kepala Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi




MANDALIKAPOST.com-Ditunjuknya NTB Sebagai tuan rumah peringatan Hari Buruh Migran Internasional oleh Kementrian Tenaga Kerja RI disambut baik oleh Pemerintah Provinsi NTB.


Kepala  Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi NTB I Gede Putu Aryadi mengatakan pemilihan NTB sebagai tuan rumah pelaksaan acara Buruh Migran internasional ini dikarenakan secara Faktual NTB jauh lebih siap dan program-program mengenai penataan pekerja migran ini dilihat on the track oleh Kementrian RI.



"Hari ini ,Kita rapat bagaiaman nanti pelaksanaan hari buruh internasional yang akan dipusatkan di BLK lombok Timur dan akan melibatkan stakholder terkait" ujar I Putu Gede Aryadi Pada Kamis (8/12/12).



Menurut Mantan Kadis Kominfotik NTB ini, penunjukan NTB  menjadi Tuan Rumah ini menjadi  bagian dari Kado Ulang Tahun NTB yang ke 64. Disnakertran NTB punya 4 Program yang dirangkaikan untuk mempringati Hut NTB, yang pertama nanti tanggal 12  Desember akan melaksnakan hari bakti Transmigrasi itu akan dipusatkan di Kantor disnaker, yakni  Silaturahmi dengan PMI paripurna di NTB.


Selanjutnya pada tanggal 13 Desember ,akan ada penganugrahan sidak karya bertempat di Lombok Plaza Hotel, yang menghadirkan para perusahaan yang dianggap produktif, serta penyerahan sertifikat  terakreditasi bagi Lembaga Pelatihan kerja yang berhasil meraih akreditasi Nasional, dihadiri dirjen Tenaga Kerja  dan Bapak Gubernur NTB Zulkieflimansyah .


Sedangkan untuk Tanggal 14  Desember akan ada melaunching  Lounge atau ruang tunggu  di Bizam khusus untuk PMI yang akan berangkat ke Negara tujuan.


"Lounge khusus PMI  ini diinisiasi oleh BP2MI , untuk di Bandara Juanda akan diresmikan o oleh mentri BUMN  Erick Tohir dan untuk di Bandara Bizam akan riresmikan oleh pak Gubernur NTB Zulkieflimansyah, nantinya. Akan menyiapkan Lounge untuk Pemberangkatan PMI maupun kepulangannya, sehingga disitu ada layanan . Modelnya kita memposisikan PMI kita ini sebagai Pahlawan devisa, sehingga kita harus memberikan pelayanan maksimal ketika pulang ada tempat untuk sekedar minum, atau untuk berangkat kita antarkan karena mereka ini berjasa" Tegas Gede sapaan Akrabnya.


Tak hanya itu, Adanya Lounge ini Dinas tenaga kerja juga bisa mengecek pemberangkatan PMI baik itu secara prosedural maupun Non prosedural." Dengan adanya Lounge nanti kita juga bisa mengecek, yang berangkat itu harus Prosedural , PMI kita perlakukan secara baik, karena sudah berkontribusi untuk keluarganya dan bangsa" kata Putu Gede. 


Ditambahkan Putu Gede,  Kolaborasi antara BP2MI dengan disnaker ini akan ada pelepasan PMI " Pas hari itu (14 Desember.red) juga akan ada pemberangkatan PMI pelepasan lons di Bizam sekitar 100 PMI yang akan diberangkatan. Ada ruang tunggu khusus. Seperti ruangan tunggu tapi ada layanan untuk makannya".


Sedangkan untuk acara ke 4 yakn perayaannya tanggal 18 puncak peringatan hari buruh Nanti PMI kita dihadirkan 2000 orang.


"Dihari itu pemda NTB juga akan melounching pusat layaanan informasi kesempatan kerja bagi disabilitas, Disnaker nanti akan menyiapkan layanan mengenai kesempatan kerja bagi disabilitas, Contohnyaa di Alfamart, kita sudah membina 22 orang disabilitas sebagi pekerja, Januari nanti disnaker akan memperkejalan disabilitas 2 orang .Disabilitas ini jumlahnya besar dia mempunyai kesempatan untuk bekerja, Sesuai dengan uu 48 di NTB Gubernur sudah tanda tangan SK nya ,bahwa Pemprov NTB mulai menyiapkan layanan kesempatan kerja bagi disabilitas , ini menjadi tugas fungsi disnaker juga, Ada pembinana contohnya ada sekarang formasi disabilitas"Pungkas Gede

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Jadi Tuan Rumah Peringatan Hari Buruh Migran Internasional, ini dia Rangkaian Acaranya

Trending Now