Iklan BNS

Provinsi NTB Raih Penghargaan MURI Sebagai Provinsi Pertama Deklarasi 3 Pilar STBM

Ariyati Astini
Minggu, Desember 18, 2022 | 14.07 WIB


Pengharagaan Dari Musium.Rekor Indonesia (MURi) Untuk NTB Diberikan Oleh Perwakila Dari MuRi Andre Purwandono Kepada Wakil Gubermur NTB Hj.Sitti Rohmi Djalillah




MANDALIKAPOST.com— Pemerintah Provinsi NTB mendapat kado dihadiri jadinya yang ke-64, kali ini dari Museum Rekor-Dunia Indonesia (MURI) sebagai Provinsi pertama di Indonesia yang berhasil Deklarasi 3 Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM). Penghargaan ini diberikan MURI pada saat pembukaan Pembukaan Expo Kinerja Pembangunan yang dilaksanakan di Halaman Kantor Bappeda Provinsi NTB, Sabtu (17/12).


Wakil Gubernur NTB, Dr. Hj. Sitti Rohmi Djalillah, menyampaikan penghargaan ini berkat kolobarasi serta sinergi seluruh Kabupaten/Kota Se-NTB serta seluruh mitra pendamping terkait keberhasilan 3 Pilar STBM.


“Ini merupakan kado istimewa untuk NTB, kemarin kita berhasil meraih penghargaan oleh STBM Award kategori Percepatan 100% SBS (Stop Buang Air Besar Sembarangan), namun hari ini MURI memberikan penggharhaan karena berhasil menjadi Provinsi pertama yang mendeklarasikan 3 Pilar, luar biasa,” serunya.


Lanjutnya ia berharap, di tahun 2023 nanti seluruh Kabupaten/Kota di NTB mampu mendeklarasikan 5 Pilar STBM sekaligus.


“Mari kita buktikan kepada Indonesia, bahwa NTB bisa menjadi yang pertama, hal ini tercipta berkat buah kolaborasi dan sinergi bersama-sama,” ujarnya.


Diakhir sambutannya Ummi Rohmi mengajak untuk seluruh stakeholder terkait untuk selalu menjaga kekompakan dan tetap menjaga konsistensi serta tidak terlalu terbawa suasana atas prestasi yang didapat.


Sementara itu, Perwakilan MURI, Andre Purwandono, mengatakan dengan diberikannya penghargaan ini menjadikan Provinsi NTB sebagai pelopor bagi Provinsi lain terkait Deklarasi 3 Pilar STBM di Indonesia.


“Kami berharap penghargaan ini dapat bisa menjadikan masyarakat NTB yang sehat serta menjadi generasi emas 2045,” jelasnya.


Kepala Bappeda Provinsi NTB, Dr. Ir. H. Iswandi. M.Si mengatakan berhasilnya NTB meraih pengharagaan dari MURI merupakan salah satu prestasi gemilang yang dapat diraih pada tahun ini.


“Ini menjadi salah satu prestasi yang gemilang, menjadi Provinsi pertama di Indonesia meraih 3 Pilar STBM, Prestasi ini kami tekankan berkat sinergi Provinsi dengan Kabupaten/Kota Se-NTB bersama dengan mitra-mitra pendukung,” terangnya.


Iswandi juga melaporkan beberapa prestasi yang telah diraih jajaranya dalam pembangunan daerah di NTB, salah satunya mencatat laju peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) nomor dua tingkat nasional setelah Papua yang dirilisi oleh Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTB. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Provinsi NTB Raih Penghargaan MURI Sebagai Provinsi Pertama Deklarasi 3 Pilar STBM

Trending Now

Iklan