Dihadiri Ketua TP PKK Provinsi NTB, UNICEF bersama YKMI Serahkan 3.080 Alat Cuci Tangan Pakai Sabun Sederhana

MandalikaPost.com
Senin, Januari 30, 2023 | 22.49 WIB

 

Dihadiri Ketua TP PKK Provinsi NTB, UNICEF bersama YKMI Serahkan 3.080 Alat Cuci Tangan Pakai Sabun Sederhana.


MANDALIKAPOST.com - Bertempat di Aula Kantor PKK Provinsi NTB, UNICEF Indonesia melalui Yayasan Kemanusiaan Madani Indonesia (YKMI) menyerahkan 3.080 unit Sato Tap Lixil, sebuah alat Cuci Tangan Pakai Sabun (CTPS) Portabel kepada PKK Provinsi NTB.


Hadir dalam Kegiatan tersebut Ketua TP PKK Provinsi NTB, Hj. Niken Saptarini Zulkieflimansyan, Kepala Dinas Kesehatan Prov. NTB, H. L. Hamzi Fikri, MM., MARS, Kabid P2M bappeda Prov. NTB, Khuailid, WASH Officer Unicef NTT dan NTB, Rostia Laode Pado, Manager Program YKMI, Tatang Husaini serta para anggota  Pokja di 10 kabupaten kota yang mengikuti secara online melalui zoom.


Rostia Laode Pado, selaku perwakilan UNICEF NTT-NTB mengatakan bahwa, untuk melakukan edukasi CTPS, kelebihan alat ini adalah simpel.


"Tidak membutuhkan tempat yang banyak dan bisa dimasukkan kedalam tas atau bagasi motor serta hemat air dan cocok untuk intervensi di daerah dengan akses air terbatas," katanya.

 

Menurut Tatang Husaini, Manager Program YKMI dengan adanya alat ini akan memudahkan dalam mengkampanyekan Cuci Tangan Pakai Sabun ke masyarakat.


“Alat ini dapat digunakan oleh semua aktor perubahan perilaku hidup bersih dan sehat seperti Sanitarian, Kader Posyandu, PKK, PMI ataupun tim Promkes," katanya.

 

Sementara itu, Ketua TP PKK NTB, Hj. Niken Saptarini berharap bantuan alat tersebut dapat memberikan manfaat bagi masyarakat.


"Alat sato tap ini sangat mensupport pemerintah Provinsi terutama pokja PPAS dalam mempertahankan capaian pilar 2 STBM yang telah diraih serta meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang promosi CTPS," katanya.

 

Diharapkan melalui pemanfaatan alat yang difasilitasi oleh Tim PKK dapat memperkuat peran PKK Provinsi NTB dalam melakukan intervensi perubahan perilaku khusunya pada pilar 2 STBM (Sanitasi Total Berbasis Masyarakat) yaitu Cuci tangan Pakai Sabun.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dihadiri Ketua TP PKK Provinsi NTB, UNICEF bersama YKMI Serahkan 3.080 Alat Cuci Tangan Pakai Sabun Sederhana

Trending Now