Iklan BNS

Hari Bakti ke-77, Kemenag NTB Gelar Jalan Kerukunan dan Deklarasi Lintas Agama

MandalikaPost.com
Sabtu, Januari 14, 2023 | 20.01 WIB

 

Hari Bakti ke-77, Kemenag NTB Gelar Jalan Kerukunan dan Deklarasi Lintas Agama.

MANDALIKAPOST.com - Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi NTB menggelar kegiatan jalan kerukunan dan deklarasi lintas agama dalam rangka Hari Bakti ke 77 Kemenag, Sabtu 14 Januari 2023 di Mataram, Nusa Tenggara Barat.


Acara jalan kerukunan dan deklarasi lintas agama dalam rangka hari amal bakti kementerian agama ke 77 tahun 2023 tersebut melibatkan hampir seluruh Kemenag Kabupaten dan Kota yang ada di Nusa Tenggara Barat. 


"Dalam kegiatan jalan kerukunan ini tidak kurang dari 30 ribu orang dari seluruhunsur masyarakat yang ada baik itu Mbojo, Samawa Sasak. Agama Islam, Hindu, Budha, Kristen, Katolik, dan Konghucu. Makanya kegiatannya kami namakan Jalan kerukunan Moderasi Beragama,” kata Kepala Kanwil Kemenag NTB, H. Zamroni Aziz.


Kakanwil Kemenag NTB, H Zamroni Aziz.

Setelah peluncuran jalan kerukunan, kegiatan diakhiri dengan Deklarasi Damai Kerukunan Umat Beragama serta ditandatangani oleh pimpinan masing-masing umat agama dan pimpinan ormas agama.


"Kapolda Nusa Tenggara Barat Irjen Pol Djoko Poerwanto melepas dengan hitungan kelima yang merupakan simbolisasi Pancasila,” ungkapnya.


Sementara itu Gede Subrata selaku Bimas Hindu dalam kesempatan yang sama mengapresiasi kegiatan kakanwil NTB menyelenggarakan Jalan Sehat Moderasi Beragama. Jalan kerukunan mengangkat tema "Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat".


Bimas Budha Ariadi Satia Wira apresiasi penyelenggaraan kegiatan jalan kerukunan ini.


"Terlebih kegiatan ini mengangkat tema untuk mempersatukan masyarakat dari berbagai agama,” ujarnya.


Hari Bakti ke-77, Kemenag NTB Gelar Jalan Kerukunan dan Deklarasi Lintas Agama.

Anton Lobis selaku Bimas Katolik dan Egoneus selaku Bimas Kristen berharap melalui Moderasi Beragama ini semakin meningkatkan kesatuan dan kesatuan antar umat beragama. 


"Demikian kerukunan antar intern umat beragama di Nusa Tenggara Barat juga senantiasa terjaga. Karena kita tinggal di Indonesia negara yang Bhinneka Tunggal Ika. Meski berbeda-beda akan tetapi tetap satu jua,” katanya.


Melalui jalan kerukunan ini, ia juga berharap bisa menjadikan keluarga besar Kemenag NTB di Nusa Tenggara Barat semakin kompak dan solid. Demikian profesionalitas dan kinerja ASN Kemenag juga diharapkan semakin meningkat.


Reporter : Abdul Rahim

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hari Bakti ke-77, Kemenag NTB Gelar Jalan Kerukunan dan Deklarasi Lintas Agama

Trending Now

Iklan