RS Unram Tingkatkan Kualitas Pelayanan Demi Kepuasan Peserta JKN-KIS

MandalikaPost.com
Rabu, April 19, 2023 | 12.32 WIB
RS Unram Tingkatkan Kualitas Pelayanan Demi Kepuasan Peserta JKN-KIS.

MANDALIKAPOST.com - Sosialisasi dan edukasi terhadap Peserta JKN-KIS merupakan salah satu fokus utama Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di tahun 2020, tentunya program ini tidak akan dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya dukungan dari seluruh stakeholder. Salah satu bentuk dukungan dilakukan oleh Rumah Sakit Universitas Mataram (UNRAM) dengan proaktif melakukan sosialisasi dan edukasi kepada peserta JKN-KIS ketika mengakses pelayanan di rumah sakit.


“Program ini sudah kami lakukan sejak mulai bekerjasama dengan BPJS Kesehatan Cabang Mataram pada bulan Desember 2019. Ini adalah salah satu bentuk komitmen kami dalam mendukung program JKN-KIS. Sosialisasi dan edukasi dilakukan setiap harinya di loket pendaftaran poli dengan tujuan memberikan pemahaman prosedur serta penyampaian program Rumah Sakit untuk mengurangi keluhan peserta, hasilnya cukup baik banyak peserta yang merasa terbantu dan mudah dalam mengakses informasi yang dibutuhkan,” ungkap Lalu Zulhirsan, Kepala Bagian Kerjasama Asuransi Rumah Sakit UNRAM.


Lalu Zulhirsan menambahkan, saat ini Rumah Sakit UNRAM juga terus melakukan berbagai perbaikan untuk meningkatkan kualitas layanan, salah satunya dengan integrasi sistem antrian elektronik.


“Kami sudah memiliki aplikasi antrian online berbasis android yakni Klik RS, namun layanan tersebut masih terbatas bagi peserta yang sudah terdaftar di Rumah Sakit UNRAM, saat ini kami sedang berproses untuk mengintegrasikan SIM RS kami dengan Aplicares BPJS Kesehatan agar dapat menggunakan antrian online bagi peserta JKN-KIS melalui Aplikasi Mobile JKN dan menayangkan display ketersediaan tempat tidur pasien,” tambah Zul.


Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Sarman Palipadang menyambut positif dukungan Rumah Sakit UNRAM kepada Program JKN-KIS.


“Kepuasan peserta tidak dapat terwujud tanpa diawali pemahaman yang baik oleh Peserta JKN-KIS. Untuk itu kami selalu mengajak seluruh stakeholder BPJS Kesehatan untuk bersama-sama melakukan sosialisasi terkait Program JKN-KIS. Terima kasih atas dukungan yang diberikan oleh Rumah Sakit UNRAM, semoga apa yang dilakukan Rumah Sakit UNRAM bisa menjadi contoh yang baik bagi rumah sakit lain yang ada di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Mataram,” tutup Sarman.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • RS Unram Tingkatkan Kualitas Pelayanan Demi Kepuasan Peserta JKN-KIS

Trending Now