Undikma Umumkan Pemenang Lomba Ceramah Ramadhan 2023, Ini Daftar Juaranya !!

MandalikaPost.com
Sabtu, April 15, 2023 | 13.39 WIB
Undikma Umumkan Pemenang Lomba Ceramah Ramadhan, Ini Daftar Juaranya !!.

MANDALIKAPOST.com - Lomba Ceramah Ramadhan bagi pelajar SMA dan SMK yang digelar Universitas Pendidikan Mandalika (Undikma) Mataram telah usai, dan Undikma mengumumkan para juaranya.


Siswa SMK Islam Raudhatul Azhar Masbagik Lombok Timur terpilih sebagai Juara 1 Lomba Ceramah Ramadhan 2023 yang diselenggarakan oleh Universitas Pendidikan Mandalika secara virtual.



Ketua Panitia Lomba Ceramah Ramadhan Undikma, Ismail Marzuki menyampaikan bahwa kegiatan lomba ceramah Ramadhan digelar setiap tahun mulai dari 2021. 






Kegiatan yang dilaksanakan setiap bulan Ramadhan ini selalu disambut antusias oleh siswa/siswi sekolah, terbukti setiap tahun jumlah pendaftar selalu mengalami peningkatan. 



Tahun 2023 ini, jumlah peserta sebanyak 102 siswa yang berasal dari 38 SMA/SMK/MA negeri dan swasta Se Nusa Tenggara Barat. Jumlah ini mengalami peningkatan dibandingkan dengan lomba tahun sebelumnya yaitu 75 peserta dan 20 sekolah.


"Alhamdulllah Lomba Ceramah Ramadhan semakin diminati dan untuk tahun ini  peserta dominan berasal dari sekolah-sekolah neger," ungkap pria kelahiran Kotaraja, Lombok Timur. 





Ismail menjelaskan bahwa tekins lomba ceramah yang dilakukan seara virtual ini adalah peserta mengirim video ceramah yang mereka buat dengan ketentuan yang ditetapkan panitia.


Selanjutnya video dinilai oleh 3 orang juri yang berasal dari unsur Dosen Universitas Pendidikan Mandalika. Adapun komponen yang dinilai adalah kesesuaian tema, judul dan is ceramah, sistematika penyampaian ceramah, penggunaan bahasa yang baik dan santun, substansi, intonasi, gaya/mimik dan improvisasi, ketepatan waktu dan busana. 


"Setelah dilakukan penilaian, kami dapatkan dari dewan juri memperlihatkan angka dengan perbedaan yang sangat tipis dan mengkibatkan persaingan ketat," jelasnya.




Adapun para juara yang terpilih adalah sebagai berikut :


Juara 1 : Dinda Adiya Lestari (SMK Islam Raudhatul Azhar Masbagik Lotim)


Juara 2 : Desy Kurnia Dewi (MAN 1 Lombok Timur)


Juara 3 : Dinda Cahyani Arsinta (MAN 1 Mataram)


Juara 4 :  Dimas Wahyu Budiman (SMAN 1 Labuhan Haji)


Juara 5 : Fadhil Ahmad (SMAN 1 Seteluk Sumbawa Barat)


Juara 6 :  Fahra Fadila (SMAN 1 Empang Sumbawa).



Rektor Universitas Pendidikan Mandalika Prof. Kusno, DEA.,Ph.D menyampaikan terima kasih kepada semua sekolah dan peserta yang telah berpartisipasi mengikuti Lomba Ceramah Ramdhan.


"InsyaAllah tahun 2024 kita akan laksanakan kembali. Semoga yang belum berhasil menjadi juara bisa sukses pada lomba tahun berikutnya," katanya.


Selanjutnya Guru Besar Matematika Jebolan Francis ini mengungkapkan bahwa kegiatan Lomba Ceramah Ramadhan dilaksanakan untuk mengasah kemampuan siswa dalam bidang ceramah agama.


"Juga meningkatkan kemampuan siswa dalam membuat video dan agar siswa mengisi waktu mereka dengan hal-hal yang positif dan produktif," katanya.






Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Undikma Umumkan Pemenang Lomba Ceramah Ramadhan 2023, Ini Daftar Juaranya !!

Trending Now