Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok Terus Dikebut

Ariyati Astini
Jumat, Mei 26, 2023 | 17.19 WIB

 

Koordinator Lapangan MXGP Indonesia 2023, Ridwan Syah 


MANDALIKAPOST.com-Menjelang kejuaraan DuniaBalap Motocross Grand Prix (MXGP) pada 1 - 3 Juli 2023. Pembangunan Sirkuit Selaparang, Lombok, ditargetkan tuntas pada 25 Juni mendatang.



Pembangunan Sirkuit Motocross Grand Prix (MXGP) Lombok di Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram, Terus dikebut . 


Koordinator Lapangan MXGP Indonesia 2023, Ridwan Syah Mengatakan pengerjaan Sirkuit hingga kini pengerjaannya sudah mencapai 40 Persen.


"Saya baru pulang dari sirkuit tadi pagi. Semua pekerjaan on schedule. Sudah seminggu Master Track Infront Mr.Greg sudah di sana dan mengawal pengerjaan Sirkuit Selaparang. Progresnya sudah mencapai 40 persen," ungkap  di Mataram, Jumat (26/5/2023).



Ridwan Syah Menambahkan Sirkuit MXGP Lombok di Eks Bandara Selaparang dibangun sepanjang 1,6 kilometer dengan 16 tikungan. Dan membutuhkan tanah sebanyak 20.000 meter kubik.



Menurut Ridwan Nantinya Tanah diambil dari lokasi setempat, saat ini sudah digali sebanyak 12.000 meter kubik. "Kita agak kekurangan material tanah di sana. Kebutuhannya 20.000 meter kubik, sekarang yang sudah kita gali 12 ribu meter kubik. Sisanya itu kita akan membawa tanah dari luar yang memenuhi persyaratan teknis," terangnya.


 

Kepala Dinas PUPR NTB ini menjelaskan sedang dipertimbangkan untuk menggunakan campuran fly ash bottom ash (Faba) yaitu abu bekas pembakaran batubara. Master Track Infront Moto Racing sedang melihat material Faba di PLTU Jeranjang Lombok Barat.


"Sedang dilihat dulu. Kita membuat sirkuit ini benar-benar membuat kenyamanan dan keselamatan dari pembalap MXGP. Itu yang ditekankan Infront melalui master track," ucapnya.


Ridwan mengungkapkan saat ini pembangunan tempat start dan separo tikungan sudah jadi. Setelah semua selesai dibangun bagian dasarnya, kemudian dikasih lagi material di atasnya memakai sekam dan disiram.


Sedangkan untuk pembangunan tribun penonton, Ridwan menjelaskan akan dikerjakan seminggu sebelum event. Jumlah penonton MXGP Lombok ditargetkan sebanyak 100 ribu orang. Ditegaskan, properti yang digunakan lebih banyak dari Lombok. Kalaupun ada yang harus didatangkan dari luar daerah, paling jauh dari Bali.




Sementara untuk gelaran MXGP Sumbawa di Sirkuit Samota, saat ini sedang dilakukan pemeliharaan atau maintenance. Menurutnya, pemeliharaan Sirkuit Samota relatif lebih mudah, dan diharapkan segera tuntas.


Untuk Sirkuit Samota Sumbawa, tribun skybox akan ditambah yang lokasinya setelah tempat finish. Karena menurut Ridwan, lokasinya sangat bagus, sehingga dibangun skybox yang baru. Untuk MXGP Sumbawa di Sirkuit Samota ditargetkan sebanyak 60.000 penonton. Gelaran MXGP Sumbawa tahun 2023 merupakan kali kedua setelah sukses dilaksanakan pada 2022 lalu.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pembangunan Sirkuit MXGP Lombok Terus Dikebut

Trending Now