Kemendikbud Tunjuk NTB jadi Mentor SMK BLUD Indonesia Timur

MandalikaPost.com
Senin, Juni 12, 2023 | 17.50 WIB Last Updated 2023-06-12T09:50:43Z
Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Dikbud NTB, M Khairul Ihwan.

MANDALIKAPOST.com - Pendidikan Kejuruan di NTB saat ini mulai menjadi perhatian nasional. Tahun lalu NTB mampu meraih penghargaan terbaik di tingkat nasional, untuk pendidikan vokasi. Penghargaan dari Kemendikbud itu menjadi penyemangat Dinas Dikbud NTB untuk terus meningkatkan mutu SMK di daerah ini.


Tak hanya itu, NTB juga ditunjuk sebagai mentor BLUD SMK wilayah Indonesia Timur. 


"Maret kemarin kita dipanggil ke Direktorat SMK Kemendibud di Jakarta untuk rapat SMK BLUD se Indonesia. Kita NTB dinilai berhasil dan ditunjuk sebagai mentor SMK BLUD bagi kawasan Indonesia Timur meliputi Kalimantan, Sulawesi, NTT, Maluku dan Papua," kata Kepala Bidang Pembinaan SMK, Dinas Dikbud NTB, M Khairul Ihwan, Senin 12 Juni 2023, di Mataram.


Saat ini, dari 99 SMK Negeri yang ada di NTB sebanyak 11 SMK sudah beroperasi dengan status BLUD. NTB menargetkan setidaknya 50 SMK BLUD hingga 2024 nanti.


Dengan status BLUD maka SMK bisa mengelola dana sendiri, membangun kerjasama dengan swasta, dan menjual produk karya SMK sesuai core masing-masing.


"SMK BLUD ini menjadi miniatur konsep usaha di sekolah. Hasil praktik anak-anak bisa menjadi produk yang dikerjasamakan dengan bermitra bersama UMKM dan swasta," katanya


Ia mencontohkan, SMK 5 Mataram yang sudah sukses menjalankan BLUD. Tahun lalu SMK 5 Mataram mampu mengantungi omzet hingga Rp1.2 Miliar, dengan produk seni kriya dan batik hingga fashion.


"Kita ditunjuk jadi mentor untuk Indonesia Timur karena dinilai berhasil dan paling progresif," katanya.


Ihwan menambahkan, dengan ditunjuknya NTB menjadi mentor SMK BLUD Indonesia Timur, maka akan ada banyak SMK dari kawasan Indonesia Timur yang berkunjung ke NTB untuk melakukan studi banding. Di lain sisi, SMK BLUD yang ada di NTB juga akan mengisi materi di dalam kegiatan SMK di kawasan Indonesia Timur.


"Mentor ini akan mulai dilakukan Juli mendatang. Tentu saja kita bangga, karena di Indonesia hanya ada 3 daerah yang ditunjuk. Jatim untuk mentor Pulau Jawa, Riau untuk pulau Sumatera, dan NTB untuk Indonesia Timur," katanya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kemendikbud Tunjuk NTB jadi Mentor SMK BLUD Indonesia Timur

Trending Now