Mengenang Korban Gempa 2018 Silam, Warga Desa Rempek Bangunkan Monumen

Ariyati Astini
Senin, Juni 26, 2023 | 17.31 WIB Last Updated 2023-06-26T10:07:08Z
Inilah Monumen Gempa Yang Terletak Di Desa Rampek Kabupaten Lombok Utara ,Monumem  Untuk Mengenang Bencana Gempa Lombok Yang Terjadi Pada 5 Juli 2018 Silam.

MANDALIKAPOST.com - Warga di Desa Telaga Maluku Rempek, Kecamatan Gangga, Kabupaten Lombok Utara, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) membangun monumen gempa guna Mengenang Bencana Gempa Lombok yang terjadi pada 5 Agustus 2018 Lalu dengan kekuatan 7 skala Richter. 


Monumen gempa yang bercorak Kubah Masjid sengaja didirikan Warga Rempek untuk mengenang para korban yang meninggal saat tragedi gempa bumi yang mengguncang Kabupaten Lombok  Utara yang menelan korban sebanyak 22 Warga Rempek. 


Tokoh Masyarakat Rempek Debi Ariawan mengatakan tragedi gempa Lombok tahun 2018 lalu sangat memilukan bagi warga di Desa Rempek.

Banyaknya Rumah warga yang hancur dan menelan korban.


"Jadi kita bangun (Monumen gempa bercorak kubah Masjid) untuk mengenang bencana 5 Juli 2018 silam ini merupakan masjid pertama yang ada di Desa Rempek dan letak kubah masjid ini merupakn letak yang tidak kita ubah saat terjadi Gempa ," kata Debi Ariadi pada Minggu (25/6/2023).




Pada monumen gempa bercorak Kubah Masjid tersebut. Nama-nama korban gempa khususnya di Desa Rempek diabadikan.


Ada sebanyak 8 orang laki-laki dan 14 perempuan meninggal dunia tertimpa reruntuhan bangunan.


"Semua nama korban kita abadikan di prasasti monumen. Ini sengaja kita abadikan untuk mengenang semua korban," terang Debi.


Debi Arianto mengatakan ,Nantinya  monumen Gempa Lombok bercorak Kubah Masjid ini bisa dikenang oleh anak cucu warga di Desa Rempek dan menjadi bukti bahwa Lombok pernah mengalami bencana yang amat besar yang menelan Korban.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Mengenang Korban Gempa 2018 Silam, Warga Desa Rempek Bangunkan Monumen

Trending Now