Gubernur NTB Bermalam di RSJ Mutiara Sukma, Hilangkan Stigma Buruk ODGJ

MandalikaPost.com
Sabtu, Juli 08, 2023 | Juli 08, 2023 WIB Last Updated 2023-07-08T04:36:18Z
Gubernur NTB Dr H Zulukienflimansyah meninjau fasilitas di RSJ Mutiara Sukma.

MANDALIKAPOST.com - Di tengah kesibukan yang padat, Gubernur NTB, Dr  Zulkieflimansyah menyempatkan diri bermalam di Rumah Sakit Jiwa Mutiara Sukma Jumat, 6 Juli 2023. RSJ Mutiara Sukma sendiri merupakan salah satu Rumah Sakit Jiwa terbaik di Indonesia.


Selain untuk memastikan fasilitas dan pelayanan yang diberikan maksimal, Bang Zul sapaannya, juga ingin memahami lebih dalam dunia kesehatan mental yang ada di NTB. Dengan begitu, Bang Zul berharap stigma negatif terhadap Rumah Sakit Jiwa bisa hilang.


"Rumah Sakit Jiwa memang masih identik dengan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) atau orang yang kurang waras. Padahal Rumah Sakit Jiwa lebih dari itu. Banyak hal bisa terbantu dengan memahami RSJ juga ahli-ahlinya yang ada di sana," ungkap Gubernur Zul.


Gubernur NTB Bermalam di RSJ Mutiara Sukma, Hilangkan Stigma Buruk ODGJ.

Dengan pemahaman yang baik terkait RSJ, Gubernur berharap tak ada lagi masyarakat yang di pasung di desa-desa. Serta, masyarakat dengan isu kesehatan mental tidak malu lagi berobat ke RSJ Mutiara Sukma. bisa sembuh dan kembali produktif di tengah masyarakat. 


"Apalagi RSJ Mutiara Sukma milik Pemda NTB merupakan salah satu rumah Sakit terbaik di Indonesia," jelasnya. 


Gubernur juga mengungkapkan, ide menginap di RSJ datang setelah membaca buku Paolo Coelho yang berjudul "Veronica Decides to Die". Dalam novel tersebut, Veronika yang berniat bunuh diri dengan menenggak obat tidur hingga overdosis, justeru berakhir di Rumah Sakit Jiwa. 


"Di rumah Sakit Jiwalah akhirnya Veronica memahami arti persaudaraan, persahabatan, kesabaran dan kasih sayang yang sebenarnya," tandas Bang Zul.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gubernur NTB Bermalam di RSJ Mutiara Sukma, Hilangkan Stigma Buruk ODGJ

Trending Now