500 Pohon Ditanam Dalam Gawe Ninting Desa Mambalan

Harianto
Sabtu, Agustus 05, 2023 | 19.36 WIB Last Updated 2023-08-05T12:00:40Z

Penanaman pohon di acara Gawe Ninting di Desa Mambalan, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat.

MANDALIKAPOST.com - Pemdes Mambalan bersama komunitas dan Balai Wilayah Sungai (BWS) Nusa Tenggara I menggelar kegiatan Gawe Ninting, Sabtu 5 Agustus 2023, di Desa Mambalan, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat.


Kegiatan diisi dengan penanaman sekitar 500 bibit pohon, dihadiri Kepala Desa Mambalan Abdollah Sayid Al Kaff, dan jajaran pengamat sungai dari BWS.


Kepala Desa Mambalan, Abdollah Sayid Al Kaff mengatakan, tema besar dalam kegiatan Gawe Ninting ini adalah Mambalan Reforestation.


"Kegiatannya berupa penghijauan di sekitar Sungai Meninting. Pohon yang ditanam yaitu pohon sawo, nangka dan flamboyan," kata , Endang Wahyudi atau akrab di panggil pengamat sungai (PS).


Apink mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk penghijauan di kawasan Sungai Meninting sekaligus untuk mengantisipasi kejadian banjir yang pernah terjadi di tahun 2021 silam dimana saat itu ada sekitar 27 rumah terendam banjir.


Sebelum penanaman pohon ini juga ada kegiatan perbaikan sungai dengan membuat dinding di pinggiran sungai guna mengatasi luapan air.


"Karena belajar dari sebelum air meluap ke permukiman karena situasi sungai tidak sesuai dengan air yang begitu besar," katanya, Kepala Desa Mambalan, Abdollah Sayid Al Kaff


Sementara itu, pengamat sungai dari BWS, Endang Wahyudin mengatakan bahwa penanaman pohon ini untuk mengantisipasi terjadi nya banjir karena di musim kemarau rentang terjadi banjir karena banyak sekali terjadi perusakan pohon dan menyebabkan terjadinya banjir, oleh karena itu kita tetap melakukan konservasi penanaman penanaman berikutnya.


"Dan kegiatan penanaman pohon ini di lakukan di beberapa tempat seperti di babakan sama jangkok," ujar Endang.


Harapan dari pengamat sungai dari BWS agar masyarakat menjaga, melestarikan penanaman pohon,dan tidak membuang sampah ke sungai.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • 500 Pohon Ditanam Dalam Gawe Ninting Desa Mambalan

Trending Now