Peserta Mandalika Post Learning Center Kunjungi Desa Mambalan Lombok Barat

Ahmad Farid
Sabtu, Agustus 05, 2023 | Agustus 05, 2023 WIB Last Updated 2023-08-05T11:48:20Z
Kepala Desa Membalan, sayid Abdollah Alkhaf ( Tengah) Bersama Wartawan Peserta Platihan Jurnalistik Mandalika Post Learning Center, di acara Gawe Ninting, Desa Mambalan, Gunung Sari, Lombok Barat.

MANDALIKAPOST.com - Program Pelatihan Jurnalistik Dasar yang dilaksanakan Mandalika Post Learning Center memasuki tahap praktek lapangan. Para peserta yang terdiri dari sejumlah mahasiswa Universitas Mataram dan Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram, mengunjungi Desa Mambalan, Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, Sabtu 5 Agustus 2023.


Kepala Desa Mambalan, Sayid Abdollah Alkaff menyambut baik kehadiran peserta Mandalika Post Learning Center di Desa Mambalan. Apalagi saat kunjungan sedang ada kegiatan Gawe Ninting Mambalan Reforestation.


"Jadi adik-adik mahasiswa peserta Mandalika Post Learning Center ini, bisa langsung meliput kegiatan Gawe Ninting yang dilaksanakan di Dusun Mambalan, Desa Mambalan," kata Apink, sapaan akrab Kades Mambalan.


Apink yang juga mantan wartawan senior NTB mengapresiasi semangat para peserta Mandalika Post Learning Center dalam mengaplikasikan teori jurnalistik dengan terjun langsung liputan di Desa Mambalan.


Ia juga mengapresiasi Program Pelatihan Jurnalistik Mandalika Post Learning Center. Menurutnya, teknik dasar jurnalistik saat ini sudah menjadi kebutuhan generasi muda. Terutama di zaman serba digital saat ini.


"Dengan jurnalistik dasar minimal generasi muda bisa memposting hal-hal positif di media sosial mereka. Hal ini juga penting untuk mengedukasi dan menangkal hoaks," katanya.


Salah seorang peserta Pelatihan Jurnalistik Mandalika Post Learning Center, Hasrul Hadi mengaku senang bisa meliput langsung kegiatan Gawe Ninting di Desa Mambalan.


"Kegiatan di Desa Mambalan sangat inspiratif karena Pemdes Mambalan merangkul masyarakat dan pihak terkait untuk sumbangsih melestarikan lingkungan melalui program penghijauan dan tanam pohon," ujar Hasrul Hadi, mahasiswa Universitas Mataram.


Peserta lainnya, Harianto mengaku mendapat pengalaman langsung melaksanakan tugas jurnalistik di Desa Mambalan. 


"Apalagi sambutan pak Kades sangat ramah dan mampu membimbing kami, karena beliau adalah mantan wartawan senior juga di NTB ini," katanya.


Sementara itu, Penanggung Jawab Redaksi Mandalika Post, Panca Nugraha mengatakan, praktek lapangan bagi para peserta Pelatihan Jurnalistik Mandalika Post Learning Center akan dilaksanakan hingga akhir Agustus 2023.


"Para peserta kami turunkan ke lapangan untuk meliput kegiatan, kemudian menyusun berita dan proses editing hingga publikasinya. Kegiatan akan berlangsung hingga akhir Agustus nanti," katanya.


Ia mengatakan, Mandalika Post Learning Center berharap nantinya para peserta pelatihan dapat menguasai teknik dasar jurnalistik. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Peserta Mandalika Post Learning Center Kunjungi Desa Mambalan Lombok Barat

Trending Now

Iklan