Semarak Seni Budaya Resmi Dibuka, Kontribusi Aruna Senggigi untuk Pariwisata NTB

MandalikaPost.com
Jumat, Agustus 11, 2023 | 17.36 WIB Last Updated 2023-08-11T11:10:39Z

 

Pemukulan gendang menandai dibukanya event Semarak Seni Budaya di Aruna Senggigi, Lombok Barat.


MANDALIKAPOST.com - Event Semarak Seni Budaya Aruna Senggigi resmi dibuka Jumat sore, 11 Agustus 2023, di area Sea View Aruna Senggigi, Lombok Barat.


Pembukaan event dilakukan dengan pemukulan gendang beleq oleh Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Muhammad Fajar Taufik dan Ketua DPRD Lombok Barat Hj Nurhidayah, didampingi GM Aruna Senggigi Weni Kristanti, serta Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Dharma Graha Utama, Ika Putri.


GM Aruna Senggigi, Weni Kristanti.

GM Aruna Senggigi, Weni Kristanti mengatakan, event Semarak Seni Budaya ini digelar dalam rangka menyambut HUT Aruna Senggigi ke 7 dan juga HUT Kemerdekaan RI ke 78.


"Aruna berulang tahun tanggal 18 Agustus, sehari setelah HUT RI. Sehingga kegiatan Semarak Seni Budaya ini digelar menyambut HUT Aruna ke 6 dan HUT RI ke 78," kata Weni.


Menurut Weni, event Semarak Seni Budaya sudah masuk dalam calendar of event Dinas Pariwisata Lombok Barat.


"Tujuan kegiatan ini adalah untuk mempromosikan keragaman seni dan budaya NTB, dimana Senggigi merupakan cikal bakal pariwisata NTB," katanya.


Tahun lalu, acara serupa juga digelar Aruna Senggigi dengan tema Art Reborn, digelar saat pandemi sebagai wadah seniman untuk tetap berkarya.


"Tahun lalu di masa pandemi kami menggelar kegiatan seperti ini dengan tema Art Reborn. Tahun ini Semarak Seni Budaya, akan berlangsung 11 sampai 13 Agustus nanti," katanya.


Semarak Seni Budaya diisi dengan Senam Bersama Jumat Sore 11 Agustus 2023. Kemudian pada 12 Agustus akan digelat cooking class yang menghadirkan chef Juna dilanjutkan dengan cooking competition dan kuliner.


Pada 13 Agustus akan digelar Lomba Tari Kreasi NTB dan Lomba Busana Tenun Lombok., serta lomba mewarnai untuk tingkat PAUD dan SD dengan tema seni budaya di NTB.


"Kami melibatkan juga IKM dan UMKM untuk Bazaar dalam kegiatan ini. Rangkaian kegiatan Semarak Seni Budaya ini kami harapkan bisa membangkitkan pariwisata NTB dan meningkatkan kunjungan ke Senggigi serta memberi dampak ekonomis bagi IKM dan UMKM," katanya.


Weni mengapresiasi semua pihak yang sudah mendukung kegiatan. Dengan bersinergi dalam setiap kegiatan diharapkan ekonomi dan pariwisata NTB makin bangkit dan berjaya.


Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Dharma Graha Utama, Ika Putri.

Direktur Pemasaran dan Penjualan PT Dharma Graha Utama, Ika Putri menambahkan, PT  Dharma Graha Utama sangat bangga bisa menjadi bagian dalam acara Semarak Seni Budaya.


"Acara Semarak Seni Budaya ini bertujuan memberikan wadah seniman dan seniwati kita agar semangat berkarya, melestarikan dan mengembangkan kekayaan seni dan  budaya. Kali ini kami juga akan memperkenalkan khazanah kuliner dengan mengandeng chef Juna," kata Ika Putri.


Ika mengatakan, chef Juna dilibatkan dengan tujuan agar jangkauan promosi Seni Budaya NTB akan lebih luas lagi ke depan.


"Sebab kuliner di Lombok ini enak-enak. Saya selalu gagal diet kalau sudah tugas atau berlibur ke Lombok," katanya.


Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Lombok Barat, H Muhammad Fajar Taufik mengapresiasi Aruna Senggigi yang sudah menggelar event Semarak Seni Budaya.


"Semoga event seperti ini bisa terus dilaksanakan tiap tahun. Kami Pemda Lombok Barat sangat mengapresiasi Aruna Senggigi," katanya.


Ia berharap event Semarak Seni Budaya dapat memberikan dampak pada meningkatkan kunjungan wisata ke NTB khususnya ke Senggigi, Lombok Barat.


Pembukaan Semarak Seni Budaya di Aruna Senggigi dihadiri Kadis Pariwisata Lombok Barat H M. Fajar Taufik, Ketua DPRD Lombok Barat Hj. Nurhidayah, S.E, Kapolsek Batu Layar Kompol Ricky Yuhanda, S.E, S.I.K., Komandan Kodim Mataram Kolonel Arm Arif Rahman, Kepala Stasiun RRI Mataram H Yanto Prawironegoro, Kepala Stasiun TVRI NTB Saktiono Wahyujati, Kadis Perindustrian dan Perdagangan Lombok Barat H Muhur Zokri, Ketua DMO NTB, Ketua ICA NTB Chef Anton Sugiono dan Ketua IOSKI Hj. Sri Yulianti. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Semarak Seni Budaya Resmi Dibuka, Kontribusi Aruna Senggigi untuk Pariwisata NTB

Trending Now