Layanan BPJS Keliling Hadir Dalam Program Pemda Menyapa Desa Kabupaten Lombok Barat

Ariyati Astini
Selasa, September 12, 2023 | 10.59 WIB Last Updated 2023-09-12T02:59:49Z

 

BPJS Kesehatan Cabang Mataram turut berpartisipasi dalam kegiatan ang diinisiasi Pemerintah Daerah Lombok Barat melalui Program Pemda Menyapa Desa, di Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong




MANDALIKAPOST.com-BPJS Kesehatan Cabang Mataram turut berpartisipasi dalam kegiatan ang diinisiasi Pemerintah Daerah Lombok Barat melalui Program Pemda Menyapa Desa, di Desa Buwun Mas Kecamatan Sekotong, Selasa (15/08). Layanan BPJS Keliling bisa dimanfaatkan warga untuk berbagai macam keperluan administrasi, mulai dari layanan pendaftaran kepesertaan Program JKN, perubahan data kepesertaan, pengecekan status kepesertaan, permintaan informasi sampai dengan penyampaian pengaduan dan keluhan.


Bupati Lombok Barat, Fauzan Khalid mengatakan wilayah Kecamatan Sekotong ke depannya akan memberikan kontribusi yang besar kepada Kabupaten Lombok Barat. Hal ini mengingat wilayah Kecamatan Sekotong memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dan memiliki wilayah yang luas.


Dirinya menambahkan, Program Pemda Menyapa Desa ini merupakan tugas masyarakat dan pemerintah untuk menyiapkan anak-anak generasi penerus yang cerdas berkualitas, secara pendidikan dan kesehatan. Di bidang infrastruktur menuju wilayah Nambung Buwun Mas, Pemda dan Pemprov NTB telah membuat Perda pembangunan jalan dari Pelabuhan Gili Mas sampai ke KEK Mandalika.


"Kecamatan Sekotong akan menjadi masa depan Lombok Barat karena memiliki Sumber Daya Alam melimpah dan wilayahnya luas. Kedepannya 5 sampai 10 tahun Sekotong akan menjadi masa depan Lobar," tutur Fauzan.


Fauzan juga menyampaikan, Kabupaten Lombok Barat akan segera me-launching Lombok Barat menuju Universal Health Coverage (UHC) dengan jumlah capaian 95% di tahun 2023. Hal ini ditandai dengan tercapainya target masyarakat Lombok Barat memiliki jaminan kesehatan melalui BPJS Kesehatan. Untuk memperoleh jaminan kesehatan masyarakat Lombok Barat hanya dipersyaratkan memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) Lombok Barat.


"Kita akan segera melaunching Lobar UHC 95 persen keikutsertaan jaminan kesehatan, syaratnya memiliki KTP Lobar. Tolong dorong dan fasilitasi masyarakat memiliki KTP. Dukcapil siap melayani, minta bantuan Kades dan Camat untuk mensosialisasikan," tandasnya.


Ditemui terpisah, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie mengatakan layanan BPJS keliling yang dipadukan dengan program Pemda Menyapa Desa merupakan bentuk pelayanan administrasi yang disediakan dan hadir untuk membantu mendekatkan pelayanan kepada Masyarakat.


“BPJS Keliling bersama program Pemda Menyapa Desa yang diselenggarakan oleh pemerintah daerah Kabupaten Lombok Barat ini adalah bentuk pelayanan alternatif kami kepada masyarakat yang khususnya berada di daerah pedesaan yang kesulitan dalam menjangkau pelayanan, terutama pelayanan administrasi kepesertaan Program JKN,” ujar Angga.


Salah satu warga Desa Buwun Mas, Muliani mengatakan, dirinya sangat terbantu dengan kehadiran layanan BPJS Keliling. Dirinya bisa mendapatkan manfaat dari pelayanan yang ditawarkan di mobil tersebut. Salah satunya efisiensi waktu dan jarak yang digunakan ketika mengurus sesuatu berhubungan dengan BPJS Kesehatan di Kota Mataram.


"Saya yang sehari-hari bertani di sawah tanah perbukitan sangat terbantu dengan keberadaan layanan BPJS Keliling ini. Saya tidak harus pergi jauh-jauh ke Kota Mataram untuk melakukan perubahan data, di sini sangat membantu sekali dan juga prosesnya cepat, hanya beberapa menit saja tadi sudah langsung selesai," bebernya.


Jarak Desa Buwun Mas ke kantor cabang BPJS Kesejatan di Kota Mataram cukup jauh. Apalagi untuk orang tua seperti dirinya yang tidak bisa berkendara sendiri. Dirinya harus menggunakan jasa orang lain untuk bepergian keluar dari Desa Buwun Mas.


"Banyak manfaat lainnya, dari biaya lebih murah, waktunya juga jadi lebih cepat dan mudah,” sambungnya.


Dirinya berharap layanan BPJS Keliling ini bisa rutin ada di Desa Buwun Mas, sehingga bisa dimanfaatkan seluruh masyarakat desa tersebut. Sehingga ketika sewaktu-waktu ada keperluan, tidak lagi harus ke kantor cabang BPJS Kesehatan di Kota Mataram.


“Saya sendiri tidak punya handphone, jadi layanan yang langsung seperti ini sangat dibutuhkan," pungkasnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Layanan BPJS Keliling Hadir Dalam Program Pemda Menyapa Desa Kabupaten Lombok Barat

Trending Now