Nanang Samodra Dorong UMKM di KLU Optimalkan Sertifikasi Halal, Perluas Akses Pasar Pariwisata

MandalikaPost.com
Kamis, September 14, 2023 | 12.09 WIB Last Updated 2023-09-14T04:09:20Z
Anggota Komisi VIII DPR RI, Dr. Ir. H. Nanang Samodra, KA., M.Sc., saat berbincang dengan masyarakat di Desa Tanjung, Lombok Utara.

MANDALIKAPOST.com - Anggota Komisi VIII DPR RI, Dr. Ir. H. Nanang Samodra, KA., M.Sc., berharap masyarakat khususnya pelaku UMKM untuk bisa terus mengembangkan diri, termasuk meng-upgrade produknya agar bisa menembus pasar yang lebih luas lagi.


Hal ini disampaikan politisi Partai Demokrat ini, saat bertemu dengan masyarakat pelaku UMKM di Desa Tanjung, Lombok Utara.


"Salah satu yang harus dioptimalkan adalah sertifikasi halal untuk produk UMKM. Selagi saat ini masih gratis, maka UMKM harus meraihnya. Sehingga tahun depan jika sertifikasi halal menjadi syarat untuk pemasaran produk, UMKM kita sudah siap," kata Nanang Samodra.


Dalam perjumpaan penuh keakraban itu, Nanang Samodra juga menjelaskan tentang program pemerintah termasuk di bidang  Sosial Kemasyarakatan dan Kepariwisataan.


Menurut Nanang, daerah Kabupaten Lombok Utara (KLU) sangat potensial dikembangkan sebagai destinasi unggulan NTB. Bukan hanya karena ada 3 Gili eksotis, Trawangan, Meno dan Air, tetapi juga ada Gunung Rinjani.


Selain itu, kearifan lokal, adat dan budaya yang masih lestari akan menjadi daya tarik wisata di daerah ini.


"Sehingga masyarakat kita siapkan juga dari sisi SDM nya. Produk UMKM juga harus didorong agar bisa menembus pasar lebih luas. Karena KLU ini merupakan salah satu destinasi wisata di NTB ini," katanya.


Salah seorang pelaku UMKM, Ramatip mengaku senang berdialog dan diskusi dengan anggota DPR RI, H Nanang Samodra.


Mereka mengapresiasi kepedulian Nanang Samodra terhadap sektor UMKM yang menjadi pendukung sektor pariwisata di daerah tersebut.


"Kami bangga dan mengapresiasi pak Nanang Samodra. Pertemuan ini menjadi motivasi bagi kami untuk lebih maju lagi dalam bergerak di sektor UMKM," kata Ramatip.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Nanang Samodra Dorong UMKM di KLU Optimalkan Sertifikasi Halal, Perluas Akses Pasar Pariwisata

Trending Now