SiBLing, Bentuk Komitmen Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Peserta

Ariyati Astini
Rabu, September 13, 2023 | 10.10 WIB Last Updated 2023-09-13T02:10:46Z

 

 

Kepala BPJS Kesehatan Mataram Angga Firdauzie Saat Mengecek Si- Bling Di Rumah Sakit Kota Mataram


 

 


MANDALIKAPOST.com - BPJS Kesehatan Cabang Mataram berkolaborasi dengan Sekretaris Daerah Kota Mataram melakukan kegiatan Supervisi, Buktikan, dan Lihat Langsung (Si-BLing) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Mataram. Kegiatan tersebut dilakukan untuk memastikan optimalisasi kualitas layanan dan kenyamanan kepada peserta yang sedang berobat di fasilitas kesehatan tersebut.


Sekretaris Daerah Kota Mataram, Lalu Alwan Basri mengatakan, melalui kegiatan Si-BLing ini, pihaknya ingin  memastikan pasien terutama peserta JKN mendapatkan pelayanan yang terbaik, bermutu, dan berkualitas dari RSUD Kota Mataram. Pelayanan yang didapatkan tidak dibeda-bedakan, baik pasien umum, asuransi, maupun peserta JKN.


"Saya ingin melihat langsung bagaimana pelayanan di RSUD Kota Mataram. Saya bertanya kepada salah satu pasien yang saya temui tadi bagaimana pelayanan di rumah sakit ini. Dia mengatakan bahwa selama berobat di RSUD Kota Mataram, dia mendapatkan pelayanan yang baik dan tidak ada perbedaan dengan pasien lain," kata Alwan yang juga didampingi oleh Wakil Direktur Pelayanan Medik RSUD Kota Mataram, Tris Cahyoso.


Selama di RSUD Kota Mataram, Alwan meninjau seluruh pelayanan yang ada di rumah sakit tersebut, mulai dari ruang tunggu, poliklinik, ruang pelayanan obat atau farmasi, tempat pendaftaran peserta sampai loket pemberian informasi dan penanganan terhadap pengaduan dari peserta. Menurutnya, semua pelayanan yang diberikan sudah sangat baik, dan berkualitas.


“Saya mengapresiasi kepada Manajemen RSUD Kota Mataram, karena terus berkomitmen meningkatkan mutu layanan khususnya bagi peserta Program JKN, tentu semua ini kami harapkan juga bisa direalisasikan di seluruh fasilitas kesehatan yang ada di Kota Mataram tanpa terkecuali,” tambah Alwan.


Pada kesempatan tersebut, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie menjelaskan bahwa pihaknya saat ini memang sedang menggalakkan program SiBLing kepada seluruh fasilitas kesehatan yang ada di wilayah kerjanya. Pelaksanaannya sendiri dilakukan oleh pegawai BPJS Kesehatan bersama dengan stakeholder maupun eksternal lainnya termasuk peserta JKN.


Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari upaya transformasi mutu layanan yang tengah digalakkan BPJS Kesehatan. Melalui transformasi mutu layanan, diharapkan dapat meningkatkan layanan yang berdampak pada kemudahan peserta JKN dan merubah pandangan negatif yang ada di masyarakat.


“Di tahun ini, BPJS Kesehatan berfokus pada transformasi mutu layanan, termasuk BPJS Kesehatan Cabang Mataram akan terus melakukan kegiatan SiBLing dan berkomitmen untuk melakukan perbaikan mutu layanan. Melalui kegiatan SiBLing, BPJS Kesehatan Cabang Mataram dan stakeholder bersama-sama melakukan pengamatan dan konfirmasi kepada peserta, memastikan bahwa pengguna atau peserta JKN mendapatkan pelayanan terbaik dari fasilitas kesehatan yang mereka gunakan. SiBLing dapat dilakukan bersama dengan stakeholder dengan harapan peserta yang dilayani membawa pengalaman pelayanan yang memuaskan sesuai dengan standar mutu,” ungkap Angga.


Ditemui pada kesempatan tersebut, salah satu peserta JKN pasien RSUD Kota Mataram, Euis Sumiati (51) mengapresiasi pelayanan yang diberikan oleh RSUD Kota Mataram terhadap seluruh pasien, khususnya peserta JKN. Saat ditemui di poli penyakit dalam, dirinya mengungkapkan tidak ada biaya tambahan yang di keluarkan untuk mengobatannya, tidak ada hambatan yang didapatkan pada saat pemberian pelayanan kesehatan.


“Sudah tiga tahun saya berobat di rumah sakit ini, tidak ada biaya apapun yang saya keluarkan, hambatan pada saat pelayanan kesehatan juga tidak ada, pokoknya semuanya mudah dan lancar, tidak ada minta ini dan itu, saya sangat puas,” tutur Euis antusias menceritakan pengalamannya. 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • SiBLing, Bentuk Komitmen Memberikan Pelayanan Terbaik Kepada Peserta

Trending Now