Silaturahmi di Desa Pusuk, Bunda Ary Komitmen untuk Pengembangan UMKM

Panca Nugraha
Kamis, September 21, 2023 | September 21, 2023 WIB Last Updated 2023-09-21T13:45:02Z
Bunda Ary saat bersilaturahmi di Desa Pusuk, Lombok Barat.

MANDALIKAPOST.com - Melihat dari dekat sekaligus bersilaturahmi dengan masyarakat, Bunda Ary berkesempatan berkunjung menemui masyarakat di Dusun Pusuk, Desa Pusuk Lestari, Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat.


Wanita anggun bernama lengkap Ir. Hj. Ary Purwantini, M.Si., ini menyerap aspirasi warga dan berdiskusi tentang pengembangan UMKM setempat.


"Pengembangan UMKM merupakan hal prioritas yang menjadi visi saya untuk terus diperjuangkan ke depan," kata Bunda Ary, yang kini maju sebagai calon legislatif DPRD NTB dari Partai Demokrat.



Desa Pusuk Lestari memiliki banyak potensi sumber daya alam yang bisa dikembangkan. Desa yang masuk dalam wilayah administratif Kecamatan Gunung Sari, Lombok Barat ini juga masuk dalam destinasi wisata alam yang berbatasan dengan wilayah Kabupaten Lombok Utara.


Selain buah-buahan seperti rambutan dan durian, produk alam unggulan Desa Pusuk adalah pohon aren atau enau penghasil tuak manis yang menjadi ikonik di wilayah tersebut.


Beberapa warga di sana juga mengembangkan produk turunan air enau atau aren menjadi gula aren dan gula merah semut.


"Desa Pusuk ini UMKMnya bergerak ada potensi tuak manis, gula aren, dan juga jajan bantal. Ini kekuatan ekonomi yang jika diberi sentuhan inshaa Allah bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat," kata Bunda Ary.


Sebagai Caleg perempuan untuk Dapil Lombok Barat dan Lombok Utara, Bunda Ary menegaskan akan berbuat untuk masyarakat, khususnya kaum perempuan.


Menurut Bunda Ary, perempuan punya banyak potensi. Berdasarkan data, pelaku UMKM di sektor makanan, minuman, dan kuliner secara umum didominasi perempuan.


"Aspek pembinaan, pendampingan, dan peningkatan kapasitas serta akses permodalan, ini yang menjadi tugas kota semua agar UMKM khususnya kaum wanita lebih berdaya saing ke depan," katanya.


Mengenal Figur Bunda Ary


Pengabdian untuk masyarakat tak boleh terhenti. Kalimat itu terucap dari bibir Ir. Hj. Ary Purwantini, M.Si.



Wanita anggun yang pernah menjabat sejumlah posisi penting di birokrasi NTB ini, bertekad maju menjadi Caleg DPRD NTB di Pemilu 2024 mendatang.


"Pengabdian tidak boleh terhenti. Setelah 30 tahun pengabdian melalui eksekutif, sekarang kita mencoba mewakili rakyat secara langsung, terutama untuk kaum perempuan," kata Bunda Ary.


Ary Purwantini maju melalui partai Demokrat untuk Dapil Lombok Barat dan Lombok Utara (KLU).


Di jajaran birokrasi NTB, nama Ary Purwantini sudah tak asing lagi. Ia pernah menjabat Sekretaris di Dinas Perkebunan Provinsi NTB, Dinas Perikanan Provinsi NTB, Dinas Perhubungan Provinsi NTB, Bappeda NTB, serta di Dinas ESDM Provinsi NTB.


Di masyarakat, Bunda Ary Purwantini juga terkenal humanis, peduli, dan kerab berkegiatan sosial kemasyarakat melalui sejumlah yayasan.


Menurutnya, tekadnya maju untuk melanjutkan pengabdiannya kepada masyarakat di NTB.


"Jadi setelah 30 tahun sebagai pelayan masyarakat, sekarang kita mencoba sebagai wakil rakyat. Melanjutkan pengabdian untuk NTB," ujarnya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Silaturahmi di Desa Pusuk, Bunda Ary Komitmen untuk Pengembangan UMKM

Trending Now

Iklan