Dishub NTB Siapkan Puluhan Shuttle Bus untuk Penonton MotoGP Mandalika, Ini Jadwal dan Rutenya !!

MandalikaPost.com
Rabu, Oktober 11, 2023 | 18.31 WIB Last Updated 2023-10-11T10:31:42Z
Kepala Dinas Perhubungan NTB, H Lalu Moh Faozal bersama PLT Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Liz Zeny Merry saat meninjau kesiapan moda transportasi darat MotoGP Mandalika.

MANDALIKAPOST.com - Pemerintah Provinsi NTB melalui Dinas Perhubungan menyediakan sekitar 59 unit Shuttle Bus untuk moda transportasi darat bagi penonton MotoGP Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB, 13 - 15 Oktober 2023.


Kepala Dinas Perhubungan NTB, H Lalu Moh Faozal mengatakan moda transportasi darat MotoGP Mandalika ini disediakan Pemprov untuk mendukung kelancaran event. Moda transportasi darat juga disediakan untuk mencegah kemacetan lalulintas selama event, serta mengubah perilaku masyarakat, agar terbiasa memanfaatkan transportasi massal.


"Moda transportasi darat atau shuttle bus ini disediakan Pemprov NTB, ada juga support dari Damri. Jumlahnya 10 unit bus besar, 10 unit bus medium, dan 39 unit Hiace. Semua ini free, gratis untuk penonton MotoGP Mandalika," kata Faozal, usai memimpin gelar kesiapan moda transportasi darat MotoGP Mandalika, Rabu 11 Oktober 2023 di halaman Kantor Dishub NTB.


Faozal memaparkan, Rute shuttle bus yang disediakan tersebut dari Eks Bandara Selaparang, Kota Mataram menuju kawasan Mandalika. Dan rute balik dari Mandalika ke Eks Bandara Selaparang.


Layanan shuttle bus akan dimulai pada 13 hingga 15 Oktober 2023 sesuai jadwal event MotoGP Mandalika.


"Layanan dari eks bandara Selaparang ke Mandalika dimulai dari pukul 07.00 Wita. Kemudian untuk baliknya akan dimulai pukul 17.00 Wita dari Mandalika ke Mataram, karena event berakhir pukul 16.00 Wita," katanya.


Menurutnya, layanan shuttle bus akan optimal dan bisa menampung penonton MotoGP Mandalika. Dipaparkan, 10 unit bus besar 48 seat memiliki kapasitas angkut 320 penumpang dalam satu kali pergerakan, dan 10 bus medium memiliki kapasitas 240 dalam setiap pergerakan. Demikin juga dengan Hiace.


"Kita juga stanby-kan 5 Hiace di bandara BIZAM untuk membackup ASK disana, sehingga jika jumlah ASK tak mampu mengkover, penonton bisa menggunakan Hiace," katanya.


Kadis Perhubungan NTB H Lalu Moh Faozal.

Faozal menambahkan, dengan tersedianya shutlle bus tersebut diharapkan penonton MotoGP Mandalika bisa memanfaatkan dan tidak menggunakan mobil pribadi ke lokasi event di Mandalika.


"Kita imbau juga, kalau pun menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya hanya sepeda motor," katanya.


Sementara itu, PLT Asisten Deputi Pengembangan Ekonomi Kreatif Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) Liz Zeny Merry mengatakan, event MotoGP Mandalika tahun ini diharapkan sukses terselenggara termasuk moda transportasi darat.


"Apalagi saat ini kan infrastruktur sudah lebih baik, dulu satu jalur kini dua jalur. Sudah lebih bagus dari tahun lalu, infrastruktur mendukung, moda transportasi tersedia dan parkiran lebih tertata. Tinggal sekarang ketertiban masyarakat atau penonton saja," kata Liz Zeny Merry.


Liz mengimbau masyarakat, khususnya penonton MotoGP Mandalika untuk memanfaatkan fasilitas yang ada. Selain itu harus disiplin juga mengatur waktu berangkat dan pulang.


"Mohon kerjasama masyarakat. Kalau harus antri ya sabar. Kita jaga semua kita sendiri, harus disiplin. Ada juga petugas yang jaga bisa minta informasi dari mereka," katanya.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dishub NTB Siapkan Puluhan Shuttle Bus untuk Penonton MotoGP Mandalika, Ini Jadwal dan Rutenya !!

Trending Now