Hadirkan Rocky Gerung, Metajuridika Gelar Diskusi Publik Masa Depan Demokrasi di Mataram

MandalikaPost.com
Rabu, Oktober 18, 2023 | Oktober 18, 2023 WIB Last Updated 2023-10-18T07:22:52Z

 


MANDALIKAPOST.com - Lembaga Kajian, Metajuridika akan menggelar diskusi publik "Masa Depan Demokrasi", Sabtu 21 Oktober 2023 di Bonum Coffee, Kota Mataram NTB. Diskusi publik menghadirkan Rocky Gerung sebagai salah satu pembicara.


Panitia Acara Diskusi Publik, M. Riadhusyah memaparkan, diskusi diinisiasi lantaran Indeks Demokrasi Indonesia yang dirilis oleh  The Economist Intelligence Unit (EIU) pada awal Februari 2023 masih tercatat kurang berkembang positif.


Indonesia berada di bawah Kolombia dan Filipina. Indonesia kini berada di peringkat ke-54 dari 167 negara dengan skor 6,71. Skor ini sama dengan indeks demokrasi tahun 2021 lalu. Namun, peringkat Indonesia turun dari 52 ke 54. Indonesia berada di bawah Kolombia yang duduk di peringkat ke-53, yakni dengan skor 6,72. Indonesia juga berada di bawah Filipina yang berada di peringkat ke-52 dengan skor 6,73 dan Malaysia di peringkat 40 dengan skor 7,30.



"Berbicara demokrasi yang merupakan salah satu prinsip dasar dalam tatanan sosial dan politik yang memberikan warga negara hak untuk berpartisipasi dalam pengambilan keputusan. Namun, demokrasi saat ini dihadapkan pada berbagai tantangan, mulai dari perkembangan teknologi hingga isu-isu sosial yang semakin kompleks. Diskusi ini akan mengumpulkan para pemikir, akademisi, dan praktisi di berbagai bidang untuk berbicara tentang masalah-masalah ini dan merumuskan solusi yang konstruktif," katanya.


Riadhusyah mengatakan, karena itulah Metajuridika Gelar Diskusi Publik Masa Depan Demokrasi di Mataram pada Tanggal 21 Oktober 2023, pukul 14.00 – 17.00 WITA, di Bonum Coffee.


Menurutnya, diskusi ini akan menjadi forum terbuka di mana peserta dapat berbagi pandangan, pengalaman, dan gagasan mereka tentang masa depan demokrasi. Kami berharap diskusi ini akan mendorong kerja sama pemikiran lintas pengetahuan dan kepentingan serta dapat menciptakan solusi yang inovatif untuk mengatasi tantangan yang dihadapi oleh demokrasi di Indonesia.

 

Para pembicara di acara ini  mencakup pemikir terkemuka, akademisi, yang akan membawa wawasan berharga tentang bagaimana kita dapat membentuk masa depan demokrasi yang lebih baik dengan menghadirkan Bivitri Susanti, Rocky Gerung dan Widodo Dwi Putro.

 

"Metajuridika mengundang semua pihak yang peduli tentang masa depan demokrasi untuk bergabung dalam acara ini. Kami yakin bahwa dengan kolaborasi dan pemikiran kritis, kita dapat menciptakan demokrasi yang lebih kuat, inklusif, dan adil," ujarnya.

 

Ia menekabkan DISKUSI ini GRATIS dan KUOTA TERBATAS.


Panitia akan menghubungi peserta yang terpilih untuk hadir diskusi. Silahkan daftarkan diri anda melalui link berikut :
http://bit.ly/diskusimeta23



Untuk informasi lebih lanjut tentang acara ini atau untuk mendaftar sebagai peserta, harap hubungi:

[087762271870 (Lela).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hadirkan Rocky Gerung, Metajuridika Gelar Diskusi Publik Masa Depan Demokrasi di Mataram

Trending Now

Iklan