Layanan BPJS Keliling Permudah Warga JKN di Bawah Kaki Gunung Rinjani

Ariyati Astini
Rabu, Oktober 04, 2023 | Oktober 04, 2023 WIB Last Updated 2023-10-04T02:37:59Z

 



BPJS Kesehatan menghadirkan layanan jemput bola melalui layanan Mobile Costumer Service (MCS) atau BPJS Keliling di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.





MANDALIKAPOST.com- Sebagai langkah dalam mendekatkan pelayanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) kepada masyarakat, BPJS Kesehatan menghadirkan layanan jemput bola melalui layanan Mobile Costumer Service (MCS) atau BPJS Keliling di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara.


Desa Senaru merupakan salah satu Desa Wisata yang merupakan salah satu jalan menuju jalur pendakian Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok, tepatnya di bawah kaki Gunung Rinjani yang daerahnya berada di paling ujung utara dari Kabupaten Lombok Utara dengan lokasinya di atas ketinggian 601 mdpl. Dari kantor BPJS Kesehatan terdekat dengan Desa Senaru berjarak sekitar 46 km atau dapat ditempuh dengan kendaraan bermotor sekitar 1 jam lebih.


Kepala BPPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie menjelaskan kehadiran layanan BPJS Keliling hingga ke pelosok daerah merupakan bukti keseriusan BPJS Kesehatan dalam menghadirkan kemudahan akses bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan layanan administrasi. Menurutnya, dengan letak geografis yang berbeda-beda, kehadiran layanan jemput bola ini dirasa mampu menjadi solusi bagi masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi kepesertaan JKN.


“Kami hadirkan layanan BPJS Keliling hingga ke pelosok-pelosok daerah, mulai dari masyarakat pinggir pantai, hingga ke dataran tinggi seperti yang kami laksanakan di Desa Senaru, desa yang berada di bawah kaki Gunung Rinjani. Kami harapkan dengan adanya layanan BPJS Keliling ini dapat memberikan edukasi langsung kepada masyarakat khususnya peserta JKN, dan memberikan kemudahan kepada mereka, serta mendapatkan informasi-informasi yang dapat membantu kami dalam meningkatkan mutu layanan ke depannya,” jelas Angga.


 


Dalam kesempatannya tersebut, layanan BPJS Keliling bisa mengakomodir berbagai kebutuhan peserta JKN sama seperti yang diberikan di kantor BPJS Kesehatan. Dirinya berharap, dengan adanya layanan BPJS Keliling ini bisa memberikan kepuasan bagi masyarakat terhadap akan Program JKN.


“Kami menginginkan semua masyarakat di wilayah kerja kami dimanapun berada dapat merasakan kemudahan yang sama dalam pengurusan administrasi program JKN melalui BPJS Kesehatan, semakin banyak lagi masyarakat yang dapat kami bantu melalui layanan BPJS Keliling sehingga masyarakat merasa sangat puas dengan layanan dan bantuan yang kami berikan," kata Angga.


Masyarakat Desa Senaru memanfaatkan layanan yang diberikan dari BPJS Keliling ini untuk mengurus administrasi kepesertaan seperti layanan informasi, layanan administrasi dan pendaftaran kepesertaan Program JKN, perubahan data kepesertaan, pengecekan status kepesertaan, pendaftaran Aplikasi Mobile JKN, hingga penyampaian pengaduan dan keluhan yang dirasakan oleh masyarakat.


Seperti yang dirasakan oleh salah satu masyarakat yang tinggal di Desa Senaru sekaligus sebagai Kepala Puskesmas Senaru, Asaf Fyzee Hidayat (42) yang terdaftar sebagai peserta JKN segmen Pekerja Penerima Upah Penyelenggara Negara (PPU PN). Asaf menjelaskan, dirinya dan masyarakat Desa Senaru sangat terbantu dengan adanya layanan dari BPJS Keliling yang melayani hingga ke daerah dataran tinggi yang sangat jauh dari pusat kota.


“Alhamdulillah, sungguh sangat hebat layanan BPJS Keliling dari BPJS Kesehatan Cabang Mataram ini bisa sampai di Desa Senaru. Kebetulan saya bertugas di Puskesmas Senaru, jadi saya tau masyarakat di desa Senaru ini sebagian besarnya sudah menjadi peserta JKN dan sudah memanfaatkan layanan yang diberikan dengan menggunakan kartu JKN,” ungkap Asaf menjelaskan.


Asaf menambahkan, jika menjadi peserta Program JKN memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang maksimal.


“Saya sudah sering berjumpa dengan masyarakat yang sedang berobat di Puskesmas Senaru dan mereka juga sangat puas dengan adanya pelayanan yang diberikan dari BPJS Kesehatan. Mereka sangat senang dan bangga bisa menjadi bagian dari Program JKN ini. Mereka juga terharu bisa dilayani dengan gratis hanya dengan menunjukkan kartu JKN ini, artinya kami yang di dataran tinggi di bawah kaki Gunung Rinjani pun bisa merasakan fasilitas dan layanan yang diberikan dari pemerintah khususnya dari BPJS Kesehatan,” tambah Asaf sambil memegang kartu JKN miliknya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Layanan BPJS Keliling Permudah Warga JKN di Bawah Kaki Gunung Rinjani

Trending Now