Bandara Siapkan 44 Extra Flight Saat Event MotoGP Mandalika 2023

Ariyati Astini
Rabu, Oktober 04, 2023 | Oktober 04, 2023 WIB Last Updated 2023-10-04T06:12:31Z

 

Foto Logistik MotoGP Sudah Mulai Berdatangan Di Bandarau Internasional Abdul Majid, Lombok (4/10/2023)







MANDALIKAPOST.com- Guna mengantisipasi peningkatan arus penumpang pada saat event MotoGP Mandalika 2023. Bandar Udara Internasional Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM) telah menyiapkan sebanyak 44 penerbangan domestik tambahan pada kurun waktu 10-17 Oktober 2023 mendatang.



Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Hariyanto mengatakan 44 penerbangan tambahan (extra flight,red) diajukan oleh empat maskapai. Diantaranya 26 penerbangan maskapai Garuda Indonesia, sebanyak delapan penerbangan oleh maskapai Citilink, dan sekitar empat penerbangan oleh maskapai Super Air Jet. Dan Air Asia sekitar  enam extra flight.



"Kami juga meyiapkan 96 orang sumber daya manusia (SDM) operasional harian yang terdiri dari unsur internal Angkasa Pura I, TNI/Polri, KKP, Imigrasi, dan Bea Cukai," Ungkap Humas PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok, Arif Hariyanto, di Mataram, Selasa (3/10).



Tidak hanya itu, pihak bandara juga sudah menyiapkan skenario pengaturan alur kedatangan dan keberangkatan bagi penonton yang akan menyaksikan gelaran event MotoGP Mandalika pada 13-15 Oktober 2023 mendatang.



Bandara sambung Arif akan menyesuaikan dengan kondisi di lapangan. Dari sisi infrastuktur, terminal penumpang Bandara Lombok dirasa akan sangat cukup untuk melayani pergerakan penumpang dengan kapasitasnya yang saat bisa menampung 7 juta penumpang per tahun. 


Sementara itu logistik pembalap dan kru MotoG Mandalika dijadwalkan tiba pada 3-5 Oktober 2023.Seluruh penerbangan kargo berangkat dari Narita Jepang



Pada Selasa (3/10) logistik tiba pukul 18.40 WITA dengan menggunakan Nippon Airlines Cargo KZ2231 (B747 8F). Lalu pada Rabu (4/10) logistik para pembalap dan kru akan tiba di Lombok sekitar 00.05 WITA. Dengan menggunakan Atlas Air 5Y2233 (B747 4F). Selanjutnya logistik juga akan tiba pada pukul 18.40 WITA. Dengan menggunakan maskapai Nippon Cargo Airlines KZ2231 (B747 8F).


"KAMIS, (5/10) logsitik akan tiba pukul 00.05 WITA menggunakan Atlas Air 5Y2237 (B747 4F)," ujarnya




Arif menyatakan logistik para pembalap dan kru ini akan dibawa menggunakan 4 pesawat kargo dari Jepang atau setelah balapan seri ke 14 di Sirkuit Motegi akhir pekan kemarin. Untuk menyambut kedatangan logisitik tersebut, PT Angkasa Pura I Bandara Internasional Lombok mengaku sudah melakukan sejumlah persiapan.



“InsyaAllah kita siap, kita sudah melakukan koordinasi dan simulasi di event-event sebelumnya,” kata Arif.



Dari sisi infrastruktur dan pelayanan di bandara dipastikan siap menyambut MotoGP Indonesia. Karena, menurutnya, persiapannya sama seperti saat event WSBK maupun MotoGP musim lalu.



“Sejumlah infrastruktur penunjang di Bandara Lombok sudah ditingkatkan dan sudah diuji,” katanya.  





Terpisah Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Nusa Tenggara Barat Lalu Muhamman Faozal menjelaskan bahwa Pemerintah Pusat melalui Direktorat Jenderal Angkutan Udara Kementerian Perhubungan telah menyiapkan intrumen ambang bawah dan atas untuk tarif tiket pesawat menjelang MotoGP Mandalika 2023.



"Disitu (Ambang bawah atas harga tiket pesawat,red) titik bermainnya. Soal adanya Air Lion yang melanggar ambang bawah ambang atas. Maka itu pasti ada sanksi dari Kementerian perhubungan," katanya


Penyediaan tiket pesawat berbanding lurus dengan demand atau permintaan penunpang. Sampai saat ini Pemprov telah mencatat ada sekitar 24 permintaan extra flight khusus pada rentan waktu 12-13 Oktober 2023.



"24 extra flight itu dimungkinkan untuk bisa dipakai kalau terjadi permintaan yang cukup bagi air lions untuk terbang," katanya


Untuk memaksimalkan pelayanan bagi calon penonton MotoGP 2023. Operasional di BIZAM akan diperpanjang menjadi 24 jam. Perpanjangan jam operasional ini akan berlaku hingga tanggal 16 Oktober 2023.



"Kalau masalah tiket pesawat tidak ada yang bisa berbicara banyak. Karena kalau udara sudah dilepas oada ambang bawah dan ambang atas," ucap Faozal 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Bandara Siapkan 44 Extra Flight Saat Event MotoGP Mandalika 2023

Trending Now

Iklan