Pagelaran Seni "Berpacu Berbudaya" Datangkan 1500 Pengunjung

Ariyati Astini
Senin, Oktober 16, 2023 | Oktober 16, 2023 WIB Last Updated 2023-10-15T23:36:08Z
Direktur Pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan Irini Dewi Wanti Saat Sambutan Dalam Acara Penutupan Pagelaran Seni "Berpacu Berbudaya" Di Taman Budaya, Mataram Minggu (15/10/2023)






MANDALIKAPOST.com- Pagelaran Seni Kebudayaan yang  berlangsung dari tanggal 11-15 Oktober di NTB  Lombok Mataram mendatangkan hingga 1500 pengunjung. 


Kepala BPK wilayah XV Abi Kusno mengatakan ,Pagelaran kebudayaan di NTB yang mengangkat tema mengenai cagar  budaya dan juga objek kemajuan kebudayaan serta melibatkan komunitas-komunitas pegiat kebudayaan yang ada di Pulau Lombok. Pagelaran ini diadakan di  empat titik lokasi, yakni ditaman Budaya provinsi NTB, pelabuhan Bangsal , Taman Loang balok serta taman mayura.


"Kegiatan yang berkolaborasi dengan komunitas-komunitas  ini dimaksudkan sebagai promosi kebudayaan serta menyuarakan kepada Masyarakat khususnya kepada generasi muda agar lebih mengenal dan turut serta dalam kemajuan kebudayaan yang ada diulau NTB khususnya"Ujar Abin Kusno Pada Minggu Malam (16/10/2023).


Abi Kusno menjelaskan ,Selain adanya pameran seni Diadakan pula Lintasan kebudayaan berupa kirab konvoi yang dimulai di Taman budaya ,Pantai Loang Balok, gedung fressmart Pelabuhan bangsa Lombok Utara dan ke Taman Mayura yang menggunakan kendaraan klasik, Vespa klasik ,Motor ,dan jeep Klasik.


"Seperti namanya lintasan kebudayaan menyediakan shuttel operasi berupa  kendaraan yang digunakan oleh pengunjung untuk menuju ke titik- titik pameran.

Lebih dari 1500 pengunjung datang ke 4 titik ini selama 4 hari dari tanggal 11-15 dari ke 4 titik.ini dikumpulkan di taman Budaya agar menjadi puncak dari perayaan berpacu berbudaya"jelas Abi.


"Semoga selanjutnya kita bisa meningkatkan dan menjalin kerjasama yang lebih baik lagi demi kemajuan kebudayaan"ujarnya.


Sementara itu Direktur Pengembangan dan pemanfaatan kebudayaan Irini Dewi Wanti Mengatakan Terimakasih kepada seluruh komunitas pada acara berpacu berbudaya sebuah lintasan kebudayaan .


"Kita bisa melewati kegiatan dari tanggal 11-15. Saya lihat antusias masyarakat. Karena ada 4 lokasi dan juga  sekitar 1500 atau lebih. Pastinya kegiatan ini patut kita  apresiasi karena bagaimanapun Pulau Lombok khususnya NTB , karena bersaam dengan event Nasional yang kiranya menjadi salah satu daya tarik dari NTB .


Irini Menjelaskan, Majunya pariswisata di daerah harus kita mengangkat dan mengaktualisasikan nilai -nilai budaya tradisinal bagi masyarakat di NTB. "Maka kegiatan ini adalah salah satu yang tentunya bagian dari penguatan kebudayaan, bagian dari penguatan ekosistem kebudayaan bagi masyarakat NTB sendiri"katanya


Untuk itu maka kami sangat Berterimakasih selain juga kegiatan ini di inisiasi oleh BPK wilayah XV tentunya juga atas kerjasama dengan pemerintah daerah Kab/kota Provisni dan juga Taman Budaya dan pastinya seluruh komunitas yang terlibat dalam kegiatan ini .


"Mudah-mudahan kegiatan ini dapat berlanjut di masa yang akan datang. Bagaiamana kita mengangkat,mengaktualisasikan dari kebudayaan tradisinal yang kita miliki sehingga tetap terjaga dan tergenerasi sehingga kebudayaan itu tidak akan punah, dan terancam walaupun gempuran pariwisata dengan masyarakat yang datang ke NTB, ke Mandalika tidak akan mempengaruhi bahwa sifat kita tetap akan berbudaya. Untuk itu mari sama-sama tetap menjaga keberlanjutan dari ekosistem kebudayaan kita".pungkasnya

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Pagelaran Seni "Berpacu Berbudaya" Datangkan 1500 Pengunjung

Trending Now