Akses Layanan Kesehatan Dalam Satu Genggaman Dengan Aplikasi Mobile JKN

Ariyati Astini
Senin, November 13, 2023 | November 13, 2023 WIB Last Updated 2023-11-27T11:34:55Z
Aplikasi Mobile JKN Menawarkan Kemudahan Bagi Peserta Dengan Menyediakan menu peserta yang berisi Fitur Peserta, kartu Peserta, ubah data Peserta, dan Pendaftaran Peserta.

MANDALIKAPOST.com- Kepala BPJS Kesehatan Cabang Mataram, Angga Firdauzie menegaskan kehadiran Aplikasi Mobile JKN diperuntukkan agar peserta menjadi lebih mudah dalam mengakses layanan kepesertaan dan layanan di fasilitas kesehatan. Menurutnya, hanya dengan satu genggaman Aplikasi Mobile JKN, memudahkan peserta JKN mengakses informasi dan layanan.


“Aplikasi Mobile JKN ini adalah sebagai pengganti seluruh pelayanan di kantor BPJS Kesehatan sehingga peserta tak perlu datang ke kantor. Aplikasi Mobile JKN menawarkan kemudahan bagi peserta dengan menyediakan menu peserta yang berisi fitur peserta, kartu peserta, ubah data peserta, dan pendaftaran peserta," jelas Angga.


Selain itu, dalam aplikasi Mobile JKN jug atredapat menu tagihan yang berisi fitur premi, catatan pembayaran, cek virtual account, dan pembayaran. Bukan hanya itu, fitur lainnya yang terdapat dalam aplikasi tersebut yaitu menu pelayanan yang berisi riwayat pelayanan, pendaftaran pelayanan, dan skrining dan menu umum yang berisi fitur info JKN, lokasi, pengaduan dan pengaturan aplikasi.


Angga menambahkan, Aplikasi Mobile JKN merupakan wujud nyata dari komitmen BPJS Kesehatan dalam memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Melalui aplikasi ini, peserta dapat mengakses beragam informasi terkait program JKN yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan.


“Aplikasi yang dapat dioperasikan melalui smartphone ini berisi banyak fitur. Jadi hanya dengan satu genggaman, semua pelayanan yang dilakukan di kantor BPJS Kesehatan, semuanya sudah ada pada aplikasi Mobile JKN ini. Kami senantiasa memberikan kemudahan akses dan pelayanan yang optimal bagi peserta. Tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Kesehatan, cukup akses Aplikasi Mobile JKN, tinggal pilih fitur yang ingin kita gunakan, mudah dan cepat,” ujar Angga.


Penting untuk memenuhi harapan pengguna untuk meningkatkan kepuasan peserta Program JKN dan meningkatkan efektivitas program ini dalam memberikan layanan kesehatan yang berkualitas kepada masyarakat.


“Kepuasan pengguna adalah kunci keberhasilan setiap program atau layanan, termasuk Program JKN. Dengan adanya teknologi seperti Aplikasi Mobile JKN, diharapkan pula dapat mempermudah pengelolaan administrasi dan mempercepat akses masyarakat terhadap layanan kesehatan yang dibutuhkan,” ungkap Angga.


Seperti yang dirasakan Lalu Ahmad Irwan (30), seorang Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Pemerintahan Kota Mataram saat ditemui di tempat kerjanya mengungkapkan bahwa dengan adanya Aplikasi Mobile JKN dapat mempermudah dirinya dalam mengakses pelayanan administrasi dan kesehatan.


“Aplikasi Mobile JKN dapat memberikan banyak manfaat dan kemudahan bagi saya. Salah satunya saya bisa mengubah tempat fasilitas kesehatan, dimana saya baru pindah domisili. Saya tinggal pilih fitur perubahan data peserta, dan mengganti fasilitas kesehatan tingkat I sesuai yang terdekat dengan domisili. Jadi dapat menghemat waktu yang seharusnya dihabiskan untuk mengantri di kantor BPJS Kesehatan atau perjalanan ke kantor BPJS Kesehatan,” ungkap Irwan.


Dengan adanya aplikasi tersebut, dapat membantu memberikan berbagai kemudahan bagi peserta BPJS Kesehatan dalam mendapatkan pelayanan administrasi dan kesehatan.


“Untuk kami khususnya sebagai pekerja kantoran di pemerintahan ini yang setiap harinya tidak ada waktu untuk mengurus segala administrasi tentang BPJS Kesehatan, harus dan wajib memakai aplikasi ini. Di era yang serba digital ini sudah tidak zaman untuk datang ke kantor BPJS Kesehatan ditambah harus antre seharian. Adanya Aplikasi Mobile JKN, sudah cukup membantu saya saat membutuhkan pelayanan administrasi,” jelasnya.


Irwan pun berharap dengan hadirnya Aplikasi Mobile JKN ini, seluruh penggunanya dapat merasakan kemudahan dari Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).


“Mudah-mudahan dengan adanya Aplikasi Mobile JKN, semua masyarakat Indonesia khususnya bagi peserta JKN dapat merasakan kemudahannya,” tutupnya


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Akses Layanan Kesehatan Dalam Satu Genggaman Dengan Aplikasi Mobile JKN

Trending Now

Iklan