Kepala Hubungan Bisnis Bobobox Bersama PT Metro Sembalun Asri Resmikan Bobocabin Gunung Rinjani

Rosyidin
Jumat, Desember 08, 2023 | 01.30 WIB
Ahmad Masfu, memukul gong di dampingi Dennis Depriadie, Asad dan AKP Wahyu Indrawan pada saat peresmian Bobocabin Gunung Rinjani. (Foto: Rosyidin/MP).


MANDALIKAPOST.com – Perusahaan gaya hidup berbasis teknologi Bobobox secara resmi mengumumkan kerja sama dengan PT. Metro Sembalun Asri dalam pembukaan lokasi terbaru Bobocabin Gunung Rinjani Lombok. Kamis 7 Desember 2023.


Acara peresmian sekaligus Soft Loaunching ini menandai kolaborasi antara kedua perusahaan dalam menghadirkan pengalaman beristirahat di tengah suasana hijau yang unik dan dikelilingi oleh lanskap alam yang menakjubkan.


Bobocabin Gunung Rinjani, menawarkan pengalaman menginap dengan pemandangan memukau menghadap langsung ke Gunung Rinjani yang termasuk dalam jajaran Seven Summits dan sering kali menjadi destinasi pilihan pendaki lokal maupun internasional.


Selain kemegahan Gunung Rinjani, lokasi terbaru Bobocabin ini turut memanjakan tamu dengan panorama Bukit Pergasingan serta perkebunan masyarakat setempat.


Head of Business Relations Bobobox, Dennis Depriadie mengatakan bahwa pihaknya berharap dengan kehadiran Bobocabin Gunung Rinjani dapat memberikan dampak positif untuk membangun dunia pariwisata di Lombok umumnya dan Sembalun pada khususnya.


“Kami sangat bersyukur bisa memiliki kesempatan untuk bekerja sama dengan PT Metro Sembalun Asri, untuk menghadirkan Bobocabin Gunung Rinjani ini," kata Dennis, dalam sambutannya.


"Kami pun berharap, dapat turut berkontribusi untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah dan memberikan manfaat bagi masyarakat sekitar. Tentunya dengan menjalin kerjasama, bersama pemerintah daerah dan para pemangku kepentingan.” imbuhnya.


Bobobox, lanjut Dennis memaparkan merupakan perusahaan gaya hidup berbasis teknologi yang didirikan di Bandung pada tahun 2018 oleh Indra Gunawan dan Antonius Bong.


Bobobox bermisi menjadi perusahaan gaya hidup yang relevan serta menyediakan pengalaman tidur dan beristirahat yang berkesan melalui inovasi teknologi, desain modular ramah lingkungan dan pelayanan yang prima.


"Saat ini, Bobobox memiliki lebih dari 1.294 kamar tersebar di 35 lokasi cabang di berbagai daerah yang ada di Indonesia. Terdiri dari Bobopod, Bobocabin, dan Boboliving," jelas Dennis.


Bobobox, kata Dennis lebih lanjut konsisten menunjukkan risiliensi dengan mempertahankan tingkat rata-rata okupansi lebih dari 80%. Teknologi Bobobox berhasil memudahkan konsumen, sebanyak 70% tamu yang menginap melakukan direct transaction melalui aplikasi digital.


Bobobox telah menjalin kerjasama dengan berbagai mitra strategis dan juga pemerintah. Termasuk Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparkraf) RI, Sandiaga Salahudin Uno.


"Ini prodak hasil ciptaan anak bangsa, yang memang asalnya dari Bandung. Dari 35 cabang itu, ada beberapa prodak kami yakni Bobo Kapsul dan Bobocabin yang sekarang ada Sembalun," tuturnya.


Jadi prodak anak bangsa ini dilirik oleh investor dari luar, mereka melihat ada peluang bisnis yang sangat menjanjikan dalam usaha di dunia pariwisata.


"Kami di chelans, bagaimana kami bisa menjadi ikon. Jadi inilah fenomena bisnis sekarang berada dengan fenomena bisnis sebelumnya," ujar Dennis.


Menurut Dennis, kalau tidak bisa mengikuti perkembangan zaman mindistruksi atau teknologi maka siap-siap akan ketinggalan zaman.


Tekhnologi juga diakomodir dengan baik terhadap marketnya, Bobobox perusahaan akomodasi. "Aktif kami adalah property dan teknologi (Propertek). Yang tidak lepas dari tekhnologinya," kata Dennis.


Ia pun mengakui, pihaknya bergerak saat ini butuh stakeholder yang tepat salah satunya dukungan dari perintah desa setempat, pemerintah daerah hingga pemerintah pusat. Termasuk dari temen-temen pengusaha wisata di daerah setempat.


"Di zaman sekarang, kalau kita tidak kerja sama dan kolaborasi kita berat. Alhamdulillah semua stakeholder semua situs yang ada di Indonesia itu mensuport kami, termasuk Kemenpar, Kengerian BUMN dan Kementerian UMKM," ucap Dennis.


Karena dasarnya, membuat satu prodak itu adalah suatu solusi. Ada problem ada solusinya, Bobocabin hadir karena ada problem di Indonesia terkait tidur yang nyaman.


"Kalau kita tidak tidur baik, kita tidur dua atau tiga jam kita nggak fresh. Kakaknya ada kapsul hotel di tengah-tengah kita besar yang ada di seluruh Indonesia. Para pegawai sekarang sibuk dengan cara life, ih bisa bisa tidur di Bobobox dan kapsul dengan bayaran yang sangat murah," ujar Dennis.


Cabin menjadi solusi juga ketika COVID-19, kalau tidak ada Covid prodak ini mungkin tidak ada. Karena ia ingat dulu di tahun 2020, apa yang harus diperbuat untuk berinovasi lagi. Akhirnya pihaknya menganalisa semua kebutuhan wisatawan saat ini, ternyata outdoor aktiviti menjadi dominan orang pingin camping.


"Nah camping masalahnya adalah amenitisnya kurang baik, kayak kamar mandi kotor, suplay lainnya dan lain-lain. Akhirnya kita hadirkan cabin ini," pungkasnya.


"Alhamdulillah, juga pak Sandiaga Uno sangat mensuport kita. Dan dia membeli kita lebel adalah, kalian Teh New Lokomotif Tourism bagi Indonesia," sambung Dennis.


Dimana, Kemenparkeraf menggandeng Bobobox untuk berpartisipasi dalam upaya pemulihan ekonomi Indonesia. Dengan cara mendukung akomodasi destinasi wisata domestik serta pemberdayaan UMKM dan usaha ultra mikro sekitar, terutama pengembangan wisata lokal di Lombok Timur.


Oleh karena itu, aspek ekonomi pun dihitung selain itu pasti ada aspek sosial dan aspek kemasyarakatan. Bagaimana suatu daerah itu menjadi sesuatu yang baik dan tidak hany dikenal oleh masyarakat sekitar, tapi seluruh Indonesia.


"Kita liat dari data khususnya yang disini, ada wisatawan dari Jakarta yang pernah nyoba cabin di Danau Toba dan di Kintamangi. Mereka ingin mencoba pengalaman cabin di Sembalun dengan view Gunung Rinjani," tuturnya.


Sementara itu, Asisten 2 Kabupaten Lombok Timur, Ahmad Masfu sangat mengapresiasi kedua belah pihak. karena telah memilih Lombok Timur sebagai lokasi pertama Bobocabin di Nusa Tenggara Barat.


“Kami berterima kasih kepada Bobobox dan PT Metro Sembalun Asri yang telah membawa terobosan baru di Lombok Timur melalui Bobocabin Gunung Rinjani," ucapnya.


Semoga dengan kehadiran Bobocabin Gunung Rinjani ini, bisa memberikan hal yang luar biasa untuk masyarakat Lombok Timur khususnya dan dan masyarakat Nusa Tenggara Barat umumnya.


"Mudah-mudahan, Bobobox ini memberi nuansa yang berbeda dan menjadi salah satu alternatif nginap bagi para wisatawan yang hendak berkunjung ke Lombok. Lebih khusus wisatawan yang ingin mencoba sensasi baru ngecamp di daerah pegunungan," harap Ahmad Masfu.


Dukungan terhadap peningkatan sektor pariwisata di wilayah Lombok Timur ini juga turut disampaikan oleh Direktur PT Metro Sembalun Asri, Asad.


“Kerja sama ini merupakan salah satu bentuk upaya kami untuk mendukung pemulihan ekonomi pasca pandemi Covid di sektor parwisata, khususnya di Rinjani," kata Asad.


Pihaknya memilih untuk berkolaborasi dengan Bobobox, untuk mengadirkan Bobocabin Gunung Rinjani. Karena ia merasa Bobobox merupakan satu-satunya perusahaan akomodasi berbasis teknologi yang mampu memenuhi kebutuhan wisatawan secara menyeluruh dari hulu ke hilir.


"Kami rasa, perusahaan ini bisa mengakomodir kebutuhan para wisatawan di era digital ini," pungkasnya.


Akomodasi hotel kabin yang berlokasi di desa Sembalun, Kecamatan Sembalun, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat ini memiliki 22 kabin yang terdiri dari tipe Executive and Deluxe.

Setiap kamar dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti kamar mandi dengan shower air panas, toiletries yang komplit, tea set, tablet B-Pad pintar yang dapat mengatur sistem suara, cahaya kamar dan privasi jendela cabin untuk mendukung kualitas istirahat tamu atau pengunjung.


Selain menghadirkan akomodasi yang nyaman, unik serta didukung oleh teknologi Internet of Things (IoT). Bobocabin Gunung Rinjani juga dilengkapi dengan fasilitas api unggun, viewing deck, dan  ruang komunal yang dapat diakses oleh setiap tamu yang menginap.


Dengan diresmikannya Bobocabin Gunung Rinjani, Bobobox berhasil memperluas cakupan portofolio bisnisnya hingga mencapai total 14 unit Bobocabin yang tersebar di seluruh Indonesia.


Tidak kalah pentingnya, konsumen juga dapat melakukan pemesanan langsung untuk menginap di Bobocabin Gunung Rinjani dengan mengunjungi situs resmi Bobobox di https://bobobox.com/bobocabin  atau melalui aplikasi Bobobox yang dapat diunduh di Play Store dan App Store.


Untuk diketahui, Soft Lounching Bobocabin Gunung Rinjani ditandai dengan pemukulan gong sebanyak tiga kali oleh Asisten 2 Pemkab Lombok Timur, Ahmad Masfu didampingi oleh Head of Business Relations Bobobox, Dennis Depriadie, Direktur PT Metro Sembalun Asri,  Asad dan Kapolsek Sembalun, AKP Wahyu Indrawan.


Kemudian para tamu undangan diberi kesempatan melihat cabin-cabin Bobobox dengan Bobo Tour di lokasi. Adapun yang turut hadir dalam acara tersebut, Kadis Pariwisata Lombok Timur, Koramil 1615 Sembalun, Camat Sembalun, Kades Sembalun Sembalun, para pelaku usaha pariwisata dan stakeholder terkait.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kepala Hubungan Bisnis Bobobox Bersama PT Metro Sembalun Asri Resmikan Bobocabin Gunung Rinjani

Trending Now