Ratusan Polwan Cantik Ikuti Pelatihan Public Speaking yang Digelar Sepolwan Polri

MandalikaPost.com
Kamis, Desember 14, 2023 | 15.40 WIB

Pelatihan Public Speaking Sepolwan Polri Dihadiri Ratusan Polwan Cantik dari Berbagai Satker.


MANDALIKAPOST.com - Sekolah Polisi Wanita (SEPOLWAN) Lemdiklat Polri bekerja sama dengan PUSDIKLATPEMNAS Cerdas Training Center menggelar Bimbingan Teknis Pelatihan Peningkatan Kemampuan Public Speaking, Master Of Ceremony, dan Managerial Podcast, Broadcast, Multimedia/ Media Sosial bagi Personel SEPOLWAN Lemdiklat Polri. 


Acara yang berlangsung pada tanggal 12-13 Desember 2023 digelar di Aula RSK 2 SEPOLWAN Lemdiklat Polri Jakarta tersebut, dihadiri kurang lebih 200 peserta dari gabungan satuan kerja. 


Kepala Sepolwan Lemdiklat Polri, Kombes Pol. Ratna Setiawati, S.H., menjelaskan kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kompetensi public speaking setiap personel Polisi Wanita di Sekolah Polisi Wanita Lemdiklat Polri. 


"Polwan harus berperan aktif  untuk mengikuti pelatihan-pelatihan yang berkaitan dengan peningkatan kompetensi & pengembangan diri sebagai bekal untuk menghadapi tantangan masa kini dan masa-masa yang akan datang yang semakin hari semakin dinamis," kata Kombes Pol Ratna Setiawati dalam sambutannya.


Dikatakan Ratna, dengan mengikuti pelatihan public speaking, individu dapat menguasai seni berbicara di depan umum dan memanfaatkannya untuk mencapai kesuksesan yang lebih besar.


Dr. Istajib Zain dan Dr. Sitti Nuri Nurhaidah saat memaparkan materi.

Hadir dalam kegiatan tersebut pada sesi pertama narasumber yang kompeten dalam bidang Public Speaking & Keprotokoleran yaitu Dr. Siti Nuri Nurhaidah, M.A , yang menyampaikan materi teknik dasar menjadi moderator, telle caster acara formal dan non formal serta serba serbi problematikanya. Yang mana hal-hal tersebut menjadi sangat penting demi suksesnya sebuah acara.


Adapun pada sesi kedua kegiatan Bimtek tersebut  menghadirkan narasumber yang juga sangat kompeten di bidang Pengelolaan Podcast, Broadcast dan multmedia / media sosial yaitu Dr. Istajib Zain, M.Ag. 


Pada kesempatan tersebut Dr. Istajib Zain menyampaikan Pelatihan public speaking memiliki tujuan yang luas, termasuk meningkatkan percaya diri, mengembangkan keterampilan komunikasi, mengatasi hambatan bahasa, meningkatkan kemampuan persuasi, meningkatkan kemampuan beradaptasi, memperkuat keterampilan presentasi, dan membangun kepemimpinan. 


"Dalam dunia yang semakin terhubung dan kompetitif, keterampilan public speaking adalah aset berharga yang dapat membuka pintu kesempatan dalam berbagai bidang kehidupan," jelas Dr. Istajib Zain.


Dr. Istajib Zain.

Dalam paparannya ia juga mengatakan salah satu strategi untuk melatih public speaking adalah dengan podcast. 


"Manfaat podcast akan membantu kita untuk melatih imajinasi dan hal-hal baru yang kekinian, mengasah soft skill, mengajarkan kita untuk menjadi pendengar yang baik, serta merangsang minat bakat kita untuk menggali informasi dengan banyak membaca, membangun karakter & kredibilitas, dan tentu bagian dari strategi institutional  branding," paparnya.


Lebih lanjut pria yang juga menjabat Wakil Direktur Nasional LPPDSDM DPP BKPRMI tersebut menambahkan bahwa banyak manfaat yang dapat di ambil dengan belajar public speaking, antara lain mampu berbicara dan berpikir dengan jelas, mampu menyampaikan gagasan secara jelas, jernih dan memiliki tujuan yang pasti yang tercermin dari gagasan-gagasan kunci yang mudah dipahami oleh khalayak.


"Kita juga akan mampu menghadapi penonton atau kamera dengan yakin diri dan penuh kontrol, dan anda mampu menampilkan gaya bicara alami anda secara efektif, mampu membentuk dan mengorganisasi public speaking dan presentasi anda untuk membujuk pendengar dan memperoleh respon dan hasil yang anda inginkan, mampu mengatasi ketakutan dan stres yang menyertai berbicara di depan umum, mampu memanfaatkan selera humor dan kepribadian anda sehingga presentasi anda semakin memikat penonton, dan Ketika Anda harus menyampaikan pidato baik yang sifatnya tiba-tiba maupun pidato yang Anda persiapkan, Anda mampu berbicara dengan efektif layaknya pembicara publik yang ternama," pungkas Dr. Istajib Zain.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Ratusan Polwan Cantik Ikuti Pelatihan Public Speaking yang Digelar Sepolwan Polri

Trending Now