Gelar Wisuda ke-7, Lulusan UNDIKMA Diharap Siap Berkarir di Luar Daerah dan Luar Negeri

MandalikaPost.com
Sabtu, Maret 09, 2024 | 15.40 WIB

Gelar Wisuda ke-7, Lulusan UNDIKMA Diharap Siap Berkarir di Luar Daerah dan Luar Negeri.


MANDALIKAPOST.com - Universitas Pendidikan Mandalika menggelar Wisuda Ke 7 pada hari Jumat 8 Maret 2024 di Hotel Lombok Raya Mataram.


Ketua Panitia Wisuda Ni Ketut Alit Suarti dalam siaran pers lnya mengungkapkan, bahwa wisudawan/wisudawati berjumlah 259 orang yang berasal dari 5 fakultas yaitu Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi (FIPP) sebanyak 57 orang dengan rincian Teknologi Pendidikan 18 orang, Bimbingan dan Konseling 19, Administrasi Pendidikan 15 orang , dan Pendidikan Luar Sekolah 5 orang. Selanjutnya Fakultas Sainst Teknik dan Terapan (FSTT) 33 orang dengan rincian Pendidikan Biologi 3 orang, Matematika 5, Kimia 4, Fisika 2, Pendidikan Teknologi Informasi 7, Kehutanan 11 dan Teknik Sivil 1 orang.


Fakultas Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan Masyarakat (FIKKM) sebanyak 96 dengan rincian Prodi Pendidikan Olahraga dan Kesehatan 95 orang dan Prodi Kesehatan Masyarakat 1 orang. selanjutnya Fakultas Budaya Manajemen dan Bisnis (FBMB) sebanyak 31 orang dengan rincian Prodi S1 Bhs. Inggris 24 orang dan Prodi Manajemen 7 orang. Terakhir Fakultas Kedokteran Hewan sebanyak 42 orang. Adapun IPK tertinggi diraih oleh Muliawan Hidayatullah Sejati dari Program Studi Kehutanan dengan IPK 3,93 dengan predikat kelulusan Sangat Terpuji.


Lebih lanjut Alit mengungkapkan, hadir di acara wisuda antara lain Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah 8 Bali NTB Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi, S.T.,M.T., Ketua Yayasan Pembina IKIP Mataram H.L. Rusmiady, S.H.,M.M., Rektor Prof. Kusno, DEA.,Ph.D beserta Anggota Senat dan Pimpinan UNDIKMA dan keluarga/pendamping wisudawan/wisudawati.  



Rektor UNDIKMA Prof. KUSNO, DEA.,Ph.D dalam pidato wisuda menyampaikan ucapan selamat kepada wisudawan dan keluarga yang berbahagia. Untuk bisa menjadi Sarjana, saudara telah menempuh 144 sks yang setara 7.200 jam. 


"Modal utama yang telah dipelajari di kampus adalah belajar mandiri, karena itu setelah wisuda jangan bergantung lagi kepada orang tua. Ada 3 hal yang harus diperhatikan yaitu harus proaktif berlatih mandiri, memimpin diri sendiri dan mengarah pada kompas yang anda tentukan serta kelola tugas dan pekerjaan anda dengan manajemen yang baik," katanya.


Rektor berpesan, bahwa kita tidak akan pernah tahu tentang sukses oleh karena itu harus terus dicoba. 


"Berani memulai dan merubah diri karena kita tidak akan pernah bisa sukses kalau kita tidak memulai," tambahnya.


Kepala LLDIKTI Dr. I Gusti Lanang Bagus Eratodi dalam sambutannya mangungkapkan bahwa salah satu kebanggaan dari kaum akademisi adalah bisa melahirkan lulusan. 


"Untuk memperoleh gelar Sarjana tidak semudah yang dibayangkan karena banyak tahapan/proses yang harus dilalui. Untuk itu berbahagialah adek-adek yang wisuda hari ini, dan jangan lupa sampaikan terima kasih setulus-tulusnya kepada orang tua, karena mereka kalian bisa seperti ini," ungkapnya.


Selebihnya Kepala LLDIKTI 8 banyak memaparkan regulasi dan dinamika dunia pendidikan saat ini. Banyak program pemerintah termasuk kurikulum yang diajarkan selama kuliah diorientasilan sebagai bekal anda untuk menghadapi masa depan. 


Sementara itu Ketua YPIM H.L. Rusmiady mengingatkan seluruh wisudawan agar memantapkan niat dan menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan kehidupan yang semakin kompleks.


"Jangan takut berkarir diluar daerah bahkan diluar negeri, karena hal itu akan menambah pengalaman dan menempa diri anda untuk menjadi insan yang semakin mandiri," ujarnya.


Mulai sekarang jangan lagi minta-minta uang pada orang tua, sebaliknya kalian harus berpikir bagaimana caranya adek-adeklah yang memberikan uang untuk orang tua, ungkap tokoh lombok di Jakarta ini.


Pada kesempatan tersebut Ketua Yayasan juga memberikan reward kepada salah seorang wisudawan atas nama Kurniawan, atlet kempo yang meraih medali pada PON Papua.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Wisuda ke-7, Lulusan UNDIKMA Diharap Siap Berkarir di Luar Daerah dan Luar Negeri

Trending Now