China Luncurkan 'Satelit Surga', Warga Bisa Telepon Tanpa Sinyal

MandalikaPost.com
Jumat, April 12, 2024 | April 12, 2024 WIB Last Updated 2024-04-12T06:52:22Z

China Luncurkan 'Satelit Surga', Warga Bisa Telepon Tanpa Sinyal.


MANDALIKAPOST.com - China meluncurkan proyek satelit Tiantong yang membuat warga bisa menelepon menggunakan ponsel pintar tanpa sinyal.


Tiantong bermakna "menghubungi surga". Nama proyek ini merujuk kisah Menara Babel dalam kitab Injil. Proyek ini telah digagas sejak 2008.




"Sekarang, pengguna ponsel asal China biasa bisa menelepon lewat satelit Tiantong di tempat-tempat tanpa sinyal, seperti gurun pasir atau pulau-pulau terisolir, dengan membayar biaya tambahan 10 Yuan (1,38 Dollar Amerika Serikat) per bulan," dikutip dari South China Morning Post (SCMP), Jumat (12/4).


Proyek ini digagas para peneliti negeri tirai bambu sejak gempa bumi Sichuan tahun 2008. Gempa berkekuatan magnitudo 8 saat itu membuat warga terdampak gempa terisolasi


"Proyek ini telah menunjukkan hasil Pada 18 Desember, gempa magnitudo 6,2 mengguncang provinsi barat laut Gansu, lagi-lagi menyebabkan gangguan sinyal yang luas," ujar SCMP.


"Namun, kali ini banyak orang yang terjebak gempa bisa terhubung dengan dunia luar melalui fungsi telepon satelit di ponsel mereka," imbuhnya.


SUMBER


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • China Luncurkan 'Satelit Surga', Warga Bisa Telepon Tanpa Sinyal

Trending Now