Kronologi Tiko Aryawardhana, Suami BCL Dilaporkan Atas Dugaan Penggelapan Dana Rp6,9 Miliar

MandalikaPost.com
Rabu, Juni 05, 2024 | 11.01 WIB Last Updated 2024-06-05T03:16:55Z

Tiko Aryawardhana dan Bunga Citra Lestari.


MANDALIKAPOST.com - Tiko Aryawardhana dilaporkan oleh mantan istrinya, Arina Winarto, terkait kasus dugaan penipuan dan penggelapan dana dengan total Rp6.9 miliar. Laporan tersebut bahkan telah dilayangkan oleh Arina ke Polres Metro Jakarta Selatan sejak 2022.


Selang dua tahun kemudian, pihak kepolisian baru menyatakan jika kasus tersebut naik ke penyidikan. Hal itu membuat Tiko harus menjalani kembali pemeriksaan sebagai saksi atas kasus tersebut.


Diketahui, kasus dugaan penipuan dan penggelapan yang dilakukan Tiko bermula saat suami Bunga Citra Lestari itu mendirikan perusahaan bersama Arina pada 2015 dan diberi nama PT Arjuna Advaya Sanjaya. Kala itu, Tiko dan Arina masih berstatus sebagai pasangan suami istri.


Dalam perusahaan yang bergerak dibidang makanan dan minuman itu, Arina diketahui menjabat sebagai komisaris sekaligus pihak yang memberikan modal penuh. Sementara Tiko mendapat jabatan sebagai direktur.


”Klien kami dan Tiko mendirikan perusahaan yang bergerak di bidang makanan dan minuman. Di mana pada saat itu klien kami menjadi komisaris, sementara Tiko menjadi direktur. Tapi untuk modal perusahaan, semuanya dari klien kami,” ujar Leo Siregar selaku kuasa hukum Arina Winarto.


BACA JUGA : Fakta dan Profil Arina Winarto Mantan Istri Tiko Aryawardhana 


Kala itu, AW pun mempercayakan sepenuhnya perusahaannya pada Tiko. Sampai di 2019, pria berkepala plontos itu disebut ingin menutup bisnis lantaran tak bisa membayar uang sewa. Padahal, usaha tersebut kala itu bisa dikatakan cukup lancar.


“Klien kami tahunya usaha lancar, tapi kok tiba-tiba di 2019 Tiko bilang usaha mau tutup karena tidak kuat bayar sewa. Loh, ini kan aneh,” jelas Leo.


Dari audit, Arina menemukan kejanggalan soal dana Rp6,9 miliar. Bahkan sampai saat ini, tidak ada kejelasan apalagi penyelesaian terkait hal itu.


Sampai akhirnya, di 2022 Arina pun memilih untuk menempuh jalur hukum.


”Klien kami melakukan audit investigasi melalui auditor independen dan didapatkanlah temuan perihal penggunaan dana sebesar Rp 6,9 miliar yang tidak jelas peruntukannya. Dan karena tidak ada itikad baik dari yang bersangkutan untuk memberikan klarifikasi dan penjelasan, maka kemudian klien kami melaporkan peristiwa ini ke kepolisian,” terangnya.


Saat ini, Tiko diketahui masih berstatus sebagai saksi. Bahkan, dalam waktu dekat, ayah sambung Noah Sinclair ini akan kembali dipanggil untuk dimintai keterangan.


"Sudah, yang bersangkutan sudah menghadiri jadi pada saat penyelidikan sudah kami klarifikasi. Selanjutnya dalam proses penyidikan ini kami akan panggil juga yang bersangkutan," ungkap AKBP Bintoro, ditemui di Polres Metro Jakarta Selatan, Selasa (4/6/2024).

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kronologi Tiko Aryawardhana, Suami BCL Dilaporkan Atas Dugaan Penggelapan Dana Rp6,9 Miliar

Trending Now