PLN : Jelang Idul Fitri Pasokan Listrik di NTB Aman !!

MandalikaPost.com
Jumat, Mei 31, 2019 | 13.39 WIB
PLN SIAGA. Petugas PLN memeriksa kelengkapan peralatan di Kantor PLN UIW NTB. Sepanjang libur lebaran ini, sekitar 502 petugas disiagakan untuk menjamin keandalan listrik di wilayah NTB. (Foto: Dok.PLN NTB)

MATARAM - PLN Unit Induk Wilayah (UIW) Nusa Tenggara Barat (NTB) menyatakan pasokan listrik menjelang Idul Fitri 1440 H di wilayah Provinsi NTB cukup.

“Pasokan listrik dari pembangkit, baik di Lombok maupun Sumbawa dan Bima dalam kondisi cukup,” kata General Manager PLN UIW NTB, Rudi Purnomoloka, Jumat (31/5) di Mataram.

Dipaparkan, saat ini sistem kelistrikan Lombok memiliki daya mampu sebesar 251 Megawatt (MW) dengan beban puncak mencapai 226 MW. Sehingga masih ada cadangan daya berkisar 25 MW di saat periode beban puncak.

Sementara sistem kelistrikan Sumbawa memiliki daya mampu sebesar 84 MW dengan beban puncak mencapai 29 MW, atau masih ada cadangan daya berkisar 55 MW di saat periode beban puncak. Dan, sistem kelistrikan Bima memiliki daya mampu sebesar 60 MW dengan beban puncak mencapai 47 MW, sehingga masih ada cadangan daya berkisar 13 MW di saat periode beban puncak.

Rudi Purnomoloka mengatakan, PLN juga berkomitmen menjaga pasokan listrik tetap andal selama libur lebaran tahun ini. Salah satunya dengan menerapkan tak kurang dari 500 petugas siaga.

“Personil di sisi teknik dan pelayanan tetap siaga. Kurang lebih sekitar 502 personil kelistrikan stand by menjaga pasokan listrik selama libur lebaran,” kata Rudi.

Selain itu, sepanjang libur lebaran PLN juga akan menghentikan sementara pemeliharaan di jaringan-jaringan kelistrikan, kecuali dalam keadaan darurat atau membutuhkan perbaikan segera.

Ia berharap dukungan dari masyarakat agar suplai listrik untuk momen lebaran ini berjalan lancar.

“Mari kita sama-sama berdoa dan berharap bahwa semuanya berjalan dengan lancar tanpa suatu hambatan yang berarti. Besar harapan kami masyarakat dapat menjalankan sisa bulan Ramadan hingga Idul Fitri nanti dengan nyaman tanpa adanya gangguan-gangguan listrik yang berarti," tukasnya.

Sementara itu, Manajer Komunikasi PLN UIW NTB, Taufiq Dwi Nurcahyo mengatakan, sepanjang libur lebaran tahun ini PLN mengumbai masyarakat agar melakukan cek listrik sebelum melakukan mudik.

"Pertama dengan memastikan aliran listrik ke seluruh perlengkapan elektronik telah tercabut, seperti AC, kulkas, televisi, kompor induksi, dan lainnya, tidak hanya sekedar tombol off," kata Taufiq.

Kedua, pastikan lampu yang menyala dalam keadaan baik dan gunakan lampu sensor cahaya agar lampu dapat menyala secara otomatis. Ketiga, jangan lupa mengisi token listrik pintar untuk pelanggan prabayar agar listrik di rumah tetap menyala.

"Selain itu, bagi pelanggan paska bayar juga diharapkan dapat membayar tagihan listrik sebelum tanggal 20 untuk menghindari denda keterlambatan," katanya.

Taufiq menambahkan, jika masyarakat mengalami gangguan kelistrikan, PLN juga menyediakan akses layanan pelanggan melalui Contact Center PLN 123 yang dapat diakses melalui ponsel (kode area+123), telepon 123, email pln123@pln.co.id, Twitter @pln_123, Facebook PLN 123, website www.pln.co.id.

"Selain itu (aduan) bisa juga disampaikan melalui Aplikasi PLN Mobile yang tersedia di Playstore untuk Android atau Appstore untuk iOS," katanya.



Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • PLN : Jelang Idul Fitri Pasokan Listrik di NTB Aman !!

Trending Now