Iklan Yamaha

Sejumlah Kepala Negara Sampaikan Ucapan Selamat untuk Presiden Jokowi

MandalikaPost.com
Rabu, Mei 22, 2019 | 22:38 WIB Last Updated 2019-05-22T15:38:52Z
UCAPAN SELAMAT. Raja Salman dan Presiden Joko Widodo berjalan beriringan di istana pribadi raja, Al-Qasr Al-Khas, Riyadh, Arab Saudi, dalam kunjungan Presiden Jokowi ke Arab Saudi Minggu (14/4/2019). (Foto: Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden/Kompas.com )

JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo terpilih dan akan menjabat untuk periode kedua, setelah KPU mengumumkan hasil Pilpres 2019. Sejumlah pemimpin negara lain pun mengucapkan selamat dan dukungannya untuk Jokowi.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menyelesaikan rekapitulasi Pemilu serentak 2019 pada Selasa (21/5) dini hari atau lebih cepat satu hari dari jadwal yang ditentukan, yakni 22 Mei.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengumumkan hasil seluruh rekapitulasi 34 provinsi dan 130 Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN).

Penghitungan suara menunjukkan bahwa pasangan Jokowi-Ma’ruf memenangi 85.607.362 juta suara atau 55,50 persen dari total suara nasional, sedangkan penantangnya yaitu Prabowo Subianto-Sandiaga Uno memperoleh 68.650.239 juta suara atau 44,50 persen dari total suara nasional.

Jumlah pemilih nasional dalam Pilpres 2019 sebesar 199.987.870 pemilih. Sementara jumlah suara sah Pilpres sebesar 154.257.601 suara.

Raja Arab Saudi, Salman bin Abdulaziz Al Saud, mengirimkan surat kabel atau telegram yang berisi ucapan selamat atas terpilihnya kembali Joko Widodo (Jokowi) sebagai Presiden Republik Indonesia.

"Atas nama rakyat dan pemerintah Kerajaan Arab Saudi, saya mengucapkan selamat kepada Joko Widodo atas terpilihnya kembali sebagai Presiden RI. Semoga rakyat Indonesia semakin maju dan makmur," ujar Penjaga Dua Masjid Suci Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud dalam keterangan yang dilansir dalam laman resmi Saudi Press Agency di Jakarta, Rabu (22/5).

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud juga memuji hubungan persaudaraan yang menonjol antara kedua bangsa dan negara.

Raja Salman bin Abdulaziz Al Saud mengaku siap mempromosikan dan meningkatkan hubungan Arab Saudi dan Indonesia di berbagai bidang.

Selain Raja Salman, Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan juga mengucapkan selamat kepada Presiden Joko Widodo yang memenangkan Pemilihan Umum 2019 dan terpilih kembali sebagai presiden Republik Indonesia.

Ucapan selamat Erdogan disampaikan Kedutaan Besar Turki di Jakarta. Dalam pernyataan tersebut, Presiden Erdogan menyampaikan keyakinannya bahwa hubungan dekat antara Indonesia dan Turki yang bersahabat dan kemitraan strategis antara kedua negara akan semakin diperkuat selama masa jabatan Presiden Joko Widodo di periode kedua.

Selain Presiden Turki, ucapan selamat atas terpilihnya kembali Presiden RI Joko Widodo juga datang dari beberapa kepala negara/pemerintahan lainnya, seperti dari Presiden China Xi Jinping, Perdana Menteri Singapura Lee Hsien Loong, dan Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe.

Presiden Rusia Vladimir Putin menyampaikan ucapan selamat kepada Presiden Jokowi melalui surat resmi bertanggal Kremlin, Moskow, 21 Mei 2019, yang menggarisbawahi sisi penting hubungan persahabatan Indonesia-Rusia.

"Kami di Rusia mengenal Yang Mulia sebagai pendukung yang kuat dalam pengembangan hubungan persahabatan antara kedua negara kita," ujar Putin setelah membuka suratnya dengan ucapan selamat kepada Jokowi, seperti dikutip ANTARA dari Kementerian Luar Negeri RI, Jakarta, Rabu.

Presiden Putin juga menunjukkan kepercayaan pada kepemimpinan Jokowi untuk terus meningkatkan kerja sama bilateral di berbagai bidang dan kemitraan multilateral dalam menyelesaikan masalah-masalah aktual di kawasan Asia-Pasifik.

"Saya ingin menegaskan kesiapan untuk melanjutkan dialog konstruktif dengan Yang Mulia, serta bekerja sama demi kepentingan Bangsa Rusia dan Bangsa Indonesia," kata dia.

Putin menutup suratnya dengan menyampaikan harapan bagi kesuksesan, kesehatan dan kesejahteraan Jokowi, yang akan menjalankan tugas sebagai presiden Indonesia untuk periode kedua kalinya. 01/Ant 

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Sejumlah Kepala Negara Sampaikan Ucapan Selamat untuk Presiden Jokowi

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online