Iklan Yamaha

Gelar Rapat Bahas Program Desa, Kades Mekar Sari Tekankan Pentingnya Semangat dan Sinergitas

MandalikaPost.com
Sabtu, Juni 01, 2019 | 12:07 WIB Last Updated 2019-06-01T12:33:36Z
SINERGITAS. Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah saat memimpin rapat membahas sejumlah program desa bersama perangkat desa dan anggota BPD Mekar Sari. (Foto: Abdul Rahim)

LOMBOK BARAT - Kepala Desa Mekar Sari, Sapinah menekankan pentingnya semangat dan sinergitas antar perangkat desa, anggota Badan Permusyawaratan Desa (BPD) dan juga masyarakat, dalam percepatan realisasi sejumlah program di Desa.

Hal itu disampaikan Sapinah dalam rapat yang digelar Jumat malam (31/5) di aula Kantor Desa Mekar Sari, Kecamatan Narmada, Kabupaten Lombok Barat.

Rapat dihadiri aparatur perangkat Desa dan anggota BPD Desa Mekar Sari, itu membahas rencana dan perkembangan progress sejumlah program yang akan berjalan dan tengah berjalan di Desa Mekar Sari.

"Jadi untuk meraih keberhasilan program, itu butuh semangat bersama dan sinergitas. Kita semua harus menunjukan kerja nyata. Jangan sampai kerja lambat dan loyo-loyo," tandas Sapinah.

BACA JUGA : Mekar Sari Didorong Jadi Desa Agro Wisata di Lombok Barat

Sejumlah hal yang dibahas dalam rapat tersebut, antara lain tentang Peraturan Sistem Organisasi Perangkat Desa Adat seperti Penghulu, Pekasih, Banjar dan sebagainya.

Kemudian pengadaan Ta'mir Masjid dan atau pengurus tempat ibadah lainnya, pengelolaan tanah kas Desa, penataan dan pendataan tanah-tanah kas Desa, fasilitas pesertifikatkan tanah-tanah kas desa, fasilitas pencatatan hak atas tanah di Desa, fasilitas penyelesaian sengketa tanah tingkat Desa, penataan pemetaan tata guna lahan.

Selain itu juga dibahas kegiatan lain yang sesuai kebutuhan dan kondisi Desa, seperti pelestarian budaya gotong royong masyarakat atau kerja bakti. Bakti sosial, pemeliharaan tanah pemakaman umum dan pemeliharaan tempat ibadah seperti masjid, mushola dan tempat ibadah lainnya.

"Kita juga dorong pengikutsertaan masyarakat dalam proyek-proyek yang didanai oleh Desa. Termasuk bahan lokal pembangunan dan jasa angkutan harus diperoleh dari Desa bukan mengambil dari tempat lain," katanya.

Kades Mekar Sari, Sapinah mengatakan, pemerintah Desa Mekar Sari sangat terbuka dengan masukan dan gagasan dari BPD dan juga anggota masyarakat setempat terkait pembangunan Desa.

Program yang ada selalu siap menerima masukan dan saran, serta kritik yang konstruktif dan membangun.

"Program-program yang ada, kalau masih ada yang sekiranya kurang dan perlu ditambahkan silahkan diusulkan. Ini untuk kebaikan bersama, karena sinergitas ini sangat penting," katanya.

Video Profil Desa Mekar Sari :


Menurut Sapinah, percepatan pembangunan di Desa Mekar Sari harus terus dilakukan. Apalagi saat ini pembangunan dan inovasi program di Desa tersebut sudah mendapatkan atensi positif, baik dari Pemerintah Kabupaten Lombok Barat, maupun Pemprov NTB.

"Di media sosial dan sejumlah media massa mainstream, Desa Mekar Sari sudah diangkat dan dipublikasikan ke masyarakat luas. Bukan saja tingkat kabupaten dan provinsi, tapi juga ke tingkat nasional. Ini sebagai pemicu dan motivasi untuk kita di Mekar Sari agar lebih giat dan bersemangat membangun Desa," katanya.

BACA JUGA : Desa Mekar Sari Berupaya Menuju Desa Mandiri

Sapinah menandaskan, seluruh program yang ada di Desa Mekar Sari dihajadkan untuk kemajuan Desa dan pada akhirnya bermuara pada peningkatan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat di Desa tersebut. MP02/Abdul Rahim
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gelar Rapat Bahas Program Desa, Kades Mekar Sari Tekankan Pentingnya Semangat dan Sinergitas

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online