Dukung NTB Zero Waste, Simposium APGN 2019 di Lombok Bakal Terapkan Pola Paperless

MandalikaPost.com
Kamis, Juli 25, 2019 | Juli 25, 2019 WIB Last Updated 2019-07-25T05:07:15Z
Karo Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB, Najamuddin Amy. (Kolase/Istimewa)


MATARAM - Simposium Asia Pacific Geoparks Network (APGN) 2019 yang akan dihelat di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada September mendatang akan menerapkan pola paperless alias non kertas, demi mendukung program NTB Zero Waste.

"Dalam rapat pematangan persiapan APGN 2019, penekanan dari Asdep Kemenko Maritim bahwa yang tak kalah penting yaitu agar diupayakan simposium (APGN) ini  bersifat paperless dan mendukung program NTB Zero Waste," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi NTB Najamuddin Amy, S.Sos, MM, Kamis (25/7) di Mataram.

Najamuddin mengatakan, persiapan pelaksanaan APGN 2019 terus dilakukan di NTB.

Pada Rabu (24/7) juga digelar pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Bappeda NTB dihadiri Asdep Menko Maritim, Kadis Pariwisata NTB, Kepala Bappeda NTB, dan seluruh perwakilan OPD dan pihak terkait.

Rapat yang dipimpin Kepala Bappeda NTB Ir Wedha Magma Ardhi selaku Wakil Ketua Panitia APGN 2019, ini merupakan tindaklanjut dari berbagai persiapan yang telah dilaksanakan oleh panitia APGN 2019.

Najamuddin mengungkapkan, ada sejumlah catatan yang muncul dalam rapat.

Selain soal pola paperless, papar Najamuddin, Asdep Kemenko Maritim juga berharap masalah kebersihan di jalur-jalur yang dilintasi peserta APGN harus diperhatikan, mulai dari Bandara Lombok hingga ke Hotel dan lokasi acara.

Ditambahkan, informasi dari Kementerian Koordinator Maritim, akan hadir setidaknya lima orang Menteri terkait dalam kegiatan ini, serta akan diatur pembagian perannya masing- masing.

Akan diupayakan kehadiran pihak Kementerian Pariwisata dan atau deputinya sebagai Observer pada UGG Council.

Najamuddin Amy mengatakan, dalam rapat tersebut hal-hal teknis lain juga ikut dibahas dengan cukup detil.

Misalnya perlu diperjelas event organize (EO) pelaksana opening ceremony acara. Begitu pula dengan agenda gala dinner untuk para peserta, geo fair dan UMKM Expo.

Pihak RSUD Provinsi NTB juga sudah berkoordinasi dengan RSUD Kabupaten / Kota untuk mensukseskan agenda internasional ini.

"Dari Disperindag NTB sudah dilakukan koordinasi secara intensif. Paper bag untuk para peserta APGN akan disiapkan oleh panitia," katanya.

Sementara OPD lain seperti Dinas Dikbud, Dinas LHK, Diskominfotik NTB serta mitra kerja lain seperti WWF Nusa Tenggara, dan Balai Taman Nasional Gunung Rinjani (TNGR) memiliki komitmen dan kontribusi untuk mensukseskan agenda APGN 2019 di Lombok.

Najamuddin mencontohkan, Diskominfotik NTB saat ini sedang melakukan komunikasi dengan pihak perusahaan seluler Telkomsel terkait dengan blank spot, terutama di site field trip.

Diskominfotik bersama Humas Protokol NTB juga siap mengisi dan mengendalikan media center dengan tujuan informasi kegiatan ini mampu terpublikasi dengan maksimal.

"Yang jelas NTB sebagai tuan rumah APGN 2019 akan menyiapkan dan berbuat maksimal untuk kesuksesan acara ini," kata Najamuddin.

Sementara itu, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi NTB Lalu M Faozal mengatakan, SDM pendukung agenda ini sudah siap mulai dari Poltekpar, Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI), ditambah dengan para relawan , LO, serta para penerjemah bahasa.

"Adapun akomodasi sudah disiapkan datanya dan dikoordinasikan ke hotel-hotel di sekitar Lombok Raya dan di wilayah Senggigi. Setiap hotel kami minta untuk berpartisipasi melalui branding di hotelnya masing-masing," kata Faozal.

Terkait dengan sponsorship kegiatan APGN 2019, sudah dilakukan koordinasi dengan lima BUMN/BUMD di NTB dan akan dibantu publikasi berupa X banner dan lain lain. Branding mobil serta publikasi materi juga sudah disiapkan.

Masalah kebersihan menjadi salah satu poin penting dalam rapat persiapan tersebut.

Untuk mengatasi masalah sampah di daerah ini, terutama selama pelaksanaan acara APGN, akan dilibatkan seluruh pihak, termasuk TNI dan pemerintah Kabupaten/Kota  setempat serta pengelola jalan.

"Satu minggu sebelum kegiatan dimulai akan dilaksanakan pembersihan massal dengan melibatkan seluruh pihak,"katanya.

Berdasarkan koordinasi dengan Pemkot Mataram, kegiatan APGN akan dirangkaikan dengan kegiatan HUT Kota Mataram. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dukung NTB Zero Waste, Simposium APGN 2019 di Lombok Bakal Terapkan Pola Paperless

Trending Now