NTB Raih Penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2019 untuk Sektor Pelayanan Publik Terbaik

MandalikaPost.com
Rabu, Juli 24, 2019 | 06.03 WIB
Direktur Utama Tempo Inti Media, Toriq Hadad menyerahkan penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2019, kepada Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, Selasa (23/7) di Hotel Pullman, Jakarta Pusat.


JAKARTA - Provinsi NTB berhasil meraih penghargaan Peringkat Gold untuk Sektor Pelayanan Publik Terbaik dalam anugerah penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2019 yang diselenggarakan Tempo Media Group bekerjasama dengan Frontier Consulting Group.

Penganugerahan penghargaan diserahkan
Direktur Utama Tempo Inti Media, Toriq Hadad kepada Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah, Selasa (23/7) dalam malam penganugerahan penghargaan tersebut di Hotel Pullman, Jakarta Pusat.

Usai menerima penghargaan, Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah mengutarakan bagaimana NTB terus berbenah di banyak lini, terutama berkaitan dengan pelayanan publik.

Perbaikan pelayanan publik dilakukan dengan membuka akses publik untuk mengadukan berbagai persoalan yang dihadapinya.

Untuk memudahkan proses ini, warga dapat menggunakan aplikasi NTB Care.

Aplikasi ini memungkinkan warga mengadukan persoalannya dan langsung dapat ditanggapi ataupun ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait.

“Dengan NTB Care, kita memastikan masyarakat merasakan kehadiran pemimpin dan aparatur negara di dalam masyarakat. Mereka bisa menyampaikan apa yang dikeluhkan memang harus didengar dan segera direspons,” ujar Gubernur yang akrab disapa Doktor Zul ini.

Doktor Zul dalam berbagai kesempatan juga terus mendorong agar para pelaku usaha bisa merasakan kenyamanan berusaha di daerah ini.

Gubernur telah memberikan garansi bahwa seluruh perizinan usaha di wilayah kewenangan Pemprov NTB harus tuntas dalam sepekan.

Gubernur juga menegaskan kesiapannya untuk memberikan jalan keluar jika pelaku usaha menemukan kendala di luar proses perizinan.

Tak jarang, Doktor Zul ini meluangkan waktu dan tenaga untuk mendampingi sendiri para pelaku usaha yang ingin mengunjungi NTB.

Gubernur menerangkan bahwa upaya semacam itu ia tempuh untuk menanamkan keyakinan kepada para pelaku usaha bahwa NTB adalah daerah yang bersahabat.

“Bahwa kesediaan menjadi pejabat publik itu adalah kerendahan hati dan kerelaan untuk berkorban lebih banyak, kemudian melayani dan lain sebagainya,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Protokoler Setda NTB, Najamuddin Amy, S.Sos, MM menjelaskan, penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2019 ini diberikan kepada daerah dengan daya tarik di bidang investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata.

Ajang Penghargaan ini sudah digelar Tempo Media Group yang bekerjasama dengan Frontier Consulting Group sejak 2015, dan ini merupakan tahun ke lima.

"Pemenang penghargaan ditentukan setelah melalui riset dengan melibatkan investor dan publik," jelas Najamuddin.

Proses penentuan pemenang dilakukan serangkaian tahap. Mulai dari penyaringan dan pengolahan data, melakukan survei serta verifikasi data, hingga tahap penjurian dari tanggal 24 hingga 28 Juni 2019.

"Dalam proses ini, NTB akhirnya terpilih dari 56 nominator Kabupaten/Kota dan Provinsi di Indonesia," katanya.

Najamuddin menekankan, dalam beberapa tahun terakhir, Provinsi NTB telah melakukan serangkaian terobosan yang menggembirakan. Khususnya, di bidang investasi, infrastruktur, layanan publik dan pariwisata.

Berdasarkan data pemenang Indonesia Attractiveness Award 2019, Provinsi Jawa Timur menyabet dua penghargaan tertinggi untuk kategori Provinsi besar.

Provinsi Jawa Timur mendapat penghargaan tertinggi atau platinum untuk bidang pelayanan publik dan pariwisata.

Sedangkan bidang investasi dan infrastruktur diberikan masing-masing kepada Jawa Barat dan DKI Jakarta.

Selain kategori Provinsi Besar, penghargaan di bidang yang sama juga diberikan untuk Provinsi Sedang dan Kecil.

Provinsi sedang antara lain Sumatera Barat untuk pelayanan publik, Daerah Istimewa Yogyakarta untuk pariwisata, NTB untuk pelayanan publik dan Sulawesi Tengah untuk investasi, serta Aceh untuk infrastruktur.

Provins Kecil antara lain Bengkulu untuk pelayanan publik, Sulawesi Utara untuk investasi, dan Kalimantan Utara untuk infrastruktur.

Begitu juga untuk kota dan kabupaten dengan masing-masing pengelompokan yang sama.

“Kami berharap penghargaan ini bisa memberi dorongan semangat kepala kepala daerah untuk melakukan pembangunan,” kata Direktur Utama Tempo Inti Media, Toriq Hadad, dalam penganugerahan penghargaan tersebut di Hotel Pullman, Jakarta Pusat. (*)


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • NTB Raih Penghargaan Indonesia's Attractiveness Award 2019 untuk Sektor Pelayanan Publik Terbaik

Trending Now