Seru !!, Puluhan Siswa SD Ramaikan Festival Sajang Sembalun

MandalikaPost.com
Selasa, Juli 23, 2019 | 20.07 WIB
FESTIVAL SAJANG. Puluhan anak SD melakukan pawadi budaya dalam Festival Sajang, Sembalun, Lombok Timur.


LOMBOK TIMUR - Puluhan siswa Sekolah Dasar (SD) di Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, Sabtu (20/7) meramaikan kegiatan Festival Sajang di lapangan umum Desa Sajang, Sembalun.

Kegiatan yang diinisiasi Kelas Inpirasi Lombok (KIL), ini melibatkan peserta dari SDN 1 Sajang, SDN 2 Sajang dan SDN 3 Sajang.

Festival yang menarik itu dihadiri Camat Sembalun, Kades Sajang, Kapolsek Sembalun dan tokoh masyarakat Desa Sajang.

Anak-anak SD ini berlomba dalam sejumlah perlombaaan untuk tingkat SDN.

ATRAKSI. Atraksi bela diri khas Sembalun ditunjukan peserta festival Sajang.

Antara lain, lomba karnaval setartnya dari SDN 2 Sajang finish di lapangan umum yang melibatkan 373 siswa.

Selain itu 9 mata lomba juga digelar, yakni olahraga dan seni tari, baik itu antar sekolah maupun perorangan dan Marching Band SDN 2 Sajang.

Ketua Panitia Festival, Muhammad Iqbal menjelaskan, tujuan kegitan ini adalah untuk membentuk karakter anak sejak dini, agar nantinya dapat meningkatkan kemampuan dan kreatifitas siswa dalam bidang akademik maupun non akdemik.

"Sehingga akan muncul figur-figur yang dapat mengharumkan nama Desa dan daerah di tingkat Nasional dan Internasional," katanya.

Menurutnya, kegiatan seperti ini bukan hanya kali ini diadakan di Desa Sajang.

Ini merupakan kali ke empat diadakan hanya saja, kali ini melibatkan semua Sekolah Dasar Negeri (SDN) yang ada di Sajang, dimana tahun sebelumnya terfokus hanya di SDN 1 Sajang saja.

"Ini yang ke empat kali kita adakan bersam teman-teman kelas infirasi dari berbagai latar belakang dan daerah. Dimana tahun sebelumya kita hanya fokus di SDN 1 Sajang saja," jelasnya.

Pembukaan Festival Sajang, di lapangan umum Sajang, Sembalun, Lombok Timur.

Sementara itu, Kepala SDN 1 Sajang Helman S.Pd mengatakan merasa bangga atas suksesnya kegiatan tersebut dan sebagai tuan rumah sekaligus sekolahnya mendapat juara umum dalam acara festival Sajang tahun ini yang diadakan oleh Kelas Inspirasi Lombok.

"Kami sangat bangga, dengan lancarnya acara festival Sajang ini. Dan sekolah kami juga mendapat juara umum dari 3 SDN yang ada di Sajang," ungkapnya bangga.

Kepala Desa Sajang HL Kanahan  berharap agar kegiatan serupa bisa rutin diadakan, minimal setahun sekali dan bukan hanya melibatkan sekolah saja, namun semua unsur.

"Kita harapakan, kegiatan serupa bukan hanya sekali diadakan. Minimal setahun sekali dan melibatkan semua unsur, terutama dalam perlombaannya agar lebih meriah dari tahun ini," katanya. MP/Rosyidin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seru !!, Puluhan Siswa SD Ramaikan Festival Sajang Sembalun

Trending Now