HUT Polantas ke 64 Jadi Momentum Optimalisasi Layanan Lantas Berbasis IT

MandalikaPost.com
Senin, September 23, 2019 | 12.38 WIB
Kapolda NTB Irjen Pol Nana Sudjana dan Dirlantas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso, dalam syukuran HUT Lantas ke 64, di Lombok Tengah.

LOMBOK TENGAH - Jajaran Ditlantas Polda NTB menggelar syukuran HUT Lalu Lintas Bhayangkara ke 64, Minggu (22/9) di Ponpes Hidayatul Muhsinin, Desa Labulia, Kecamatan Jonggat, Lombok Tengah.

HUT Lalulintas kali ini bertemakan "Dengan Semangat Promoter, Korlantas Polri mengoptimalkan pelayanan lalulintas berbasis IT guna mendukung Program Road Safety".

Kegiatan syukuran ini sengaja dilaksanakan di Ponpes bersama para santri dan masyarakat dalam konsep 'Polda NTB Berbagi' dimana bersama Komunitas Motor, Jasa Raharja, Pemda dan instansi lainnya meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan memupuk kepekaan Polantas terhadap perkembangan yang ada sehingga wawasan masyarakat dapat meningkat dalam ikut serta menciptakan keamanan dan ketertiban berlalulintas di jalan raya.

Acara puncak diisi beberapa kegiatan antara lain tampilan dari para santri dalam melantunkan puisi dan pidato tertib berlalulintas, peragaan Polisi Cilik, Pengobatan Gratis, Pemberian bantuan korban kecelakaan, pelayanan SIM di Alfamart serta bantuan dana pendidikan kepada Yayasan Ponpes Hidayatul Muhsinin.

Direktur Lalulintas Polda NTB Kombes Pol Amin Litarso, SH selaku penyelenggara acara ini menyampaikan laporan beberapa kegiatan jajaran Lalulintas yang telah dilakukan dalam memperingati HUT Lalulintas Bhayangkara ke-64.

Kegiatan tersebut antara lain penambahan waktu pelayanan SIM Corner di Epicentrum Mall, Jumat Berkah dengan membersihkan Masjid, Pura, Gereja dan tempat ibadah lain.

Selain itu, Polantas Berbagi (nasi bungkus kepada masyarakat). Pembagian air bersih di Loteng dan Lobar. Anjangsana ke warakawuri. Anjangsana ke rumah yatim piatu, Donor Darah, Bantuan pembangunan MCK dan Karpet ke Ponpes Hidayatul Muhsinin.

Sejumlah Lomba juga sudah digelar seperti Lomba Polantas Got Talent,  Lomba Pelaporan E-Tilang terbaik, Lomba IMRS tercepat dan terlengkap.

"Serta penghargaan anggota Polantas yang berprestasi melakukan pembinaan kelompok radikal dan menangkap tersangka pengedar Sabu," katanya.

Ketua Yayasan Ponpes Hadayatul Muhsinin H. Zulkifli SE, MM menyampaikan ucapan terimakasih kepada Kapolda NTB melalui Direktorat Lalulintas telah peduli memberikan bantuan dana dan pembangunan kepada Ponpes Hidayatul Muhsinin.

Syukuran ini juga sebagai bentuk optimalisasi pelayanan lalulintas Polri yang berbasis IT dimana saat ini telah ada Electric Registration and Identification (ERI), SMART SIM, juga ada penindakan pelanggaran lalulintas dengan Sistem Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE), Pelayanan SIM dan SAMSAT online serta inovasi berbasis IT lainnya.

Dalam acara tersebut juga dilaunching aplikasi SAMONA (Samsat Online Nasional) untuk pembayar pajak kendaraan luar daerah yang dapat membayar dimana saja melalui aplikasi, tanpa harus kembali atau mengurus administrasi didaerah asal kendaraan.

Ditlantas Polda NTB juga meluncurkan aplikasi PASTI (Pelaporan Akuntabilitas Terintegrasi) tentang pelaporan kinerja Satuan Lalulintas jajaran Polres dan Direktorat Lalulintas sebagai bahan analisa pimpinan dalam mengukur capaian kinerja.

Kapolda NTB Irjen Pol Drs. Nana Sudjana AS, MM diawal sambutannya menyampaikan bahwa acara ini akan terus diselenggarakan di luar markas komando, yang tidak ceremonial di dalam gedung.

Acara ini juga dilaksanakan pada hari Minggu karena memang serentak diselenggarakan seluruh Indonesia.

Diharapkan jajaran Lalulintas berbenah atau lebih baik ke depan, karena Polri merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada massyarakat dalam rangka memelihara kamtibmas khususnya dalam keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalulintas.

"Kita ketahui bersama saat ini sudah dilaksanakan Program Road Safety dari Korlantas Polri, saya berharap kepada kita semua untuk ikut mensukseskan program tersebut dengan selalu patuh dan taat terhadap motto yang dicanangkan yaitu Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan Untuk Kemanusiaan," katanya.

Selanjutnya Irjen Nana Sudjana menyampaikan amanat Kapolri bahwa lalulintas memiliki fungsi penting dalam mendukung pembangunan nasional dimana lalulintas merupakan urat nadi kehidupan serta cermin budaya, modernitas dan kemajuan suatu bangsa.

Performa dan kinerja personel lalulintas akan memberi pengaruh penting dalam pembentukan kepercayaan publik terhadap Polri.

Personel lalulintas diharapkan terus mengembangkan kapasitasnya, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam pelaksanaan tugas dengan mengoptimalkan berbagai program pendidikan dan pelatihan baik dalam negeri maupun di luar negeri.

Kapolri mengakhiri amanatnya dengan berpesan agar personel lalulintas selalu menjunjung tinggi profesionalisme, memegang teguh komitmen dan integritas dalam pelaksanaan tugas.

Hindari berbagai tindakan yang dapat merusak kepercayaan masyarakat terhadap Polri mulai dari perilaku koruptif, arogansi kekuasaan sampai dengan kekerasan eksesif. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • HUT Polantas ke 64 Jadi Momentum Optimalisasi Layanan Lantas Berbasis IT

Trending Now