Satlantas Polres KSB Sosialisasi Safety Riding dan Pengenalan Praktek SIM untuk Pelajar SMA

MandalikaPost.com
Rabu, Januari 22, 2020 | 11.00 WIB
UJIAN PRAKTEK. Sejumlah siswa dan siswi SMAN 1 Seteluk mengikuti simulasi dan pengenalan ujian praktek pembuatan SIM yang digelar Satlantas Polres Sumbawa Barat.

SUMBAWA BARAT - Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sumbawa Barat terus berupaya meningkatkan kesadaran tertib lalu lintas di wilayahnya.

Dipimpin Kasatlantas Polres Sumbawa Barat, IPTU Putu Gede Caka Pratyaksa Ratsuko SIK, jajaran Satlantas menggelar kegiatan sosialisasi Safety Riding, dan Tata Tertib Berlalulintas, dan pengenalan praktek SIM, Rabu (22/1)  di SMAN 1 Seteluk, Kecamatan Seteluk, Sumbawa Barat.

Kegiatan diikuti ratusan siswa dan siswi SMAN 1 Seteluk bersama para guru. Dalam kegiatan itu, Kasat Lantas IPTU Putu Gede Caka menyampaikan materi coaching clinic praktek SIM. Sementara materi tentang mekanisme pembuatan SIM meliputi teori dan praktek diberikan oleh Kanit Dikyasa, AIPDA Afif Iswayudi SW.

Jajaran Satlantas juga memberikan pengenalan tata cara praktek berlalu lintas dengan sepeda motor, pengecekan kondisi  kendaraan baik rem, lampu sent dan spion, administrasi dalam berkendara baik SIM dan STNK serta kelengkapan berkendara diantaranya memakai helm berstandar SNI.

Kasat Lantas Polres Sumbawa Barat, IPTU Putu Gede Caka PR SIK saat menyampaikan sosialisasi tertib berlalulintas di SMAN 1 Seteluk, Sumbawa Barat.

Kasatlantas IPTU Putu Gde Caka PR mengatakan, kegiatan seperti ini rutin dilakukan Polres Sumbawa Barat untuk meningkatkan kesadaran tertib berlalulintas.

Pengenalan dan pelatihan proses pembuatan SIM dimaksudkan agar para pelajar semakin siap saat memproses SIM nantinya.

"Tujuan kegiatan ini untuk memberikan pengenalan pelatihan praktek SIM kepada siswa dalam rangka mewujudkan Kamseltibcarlantas," kata Kasatlantas IPTU Putu Gde Caka PR  di sela kegiatan.

Selain itu, kegiatan juga dilakukan untuk menanamkan nilai-nilai kedisiplinan dan pengetahuan berprilaku tertib di jalan raya sejak dini, serta membekali pengetahuan lalulintas dan tata cara berlalu lintas yang baik dan benar secara langsung. Sehingga dapat menekan pelanggaran lalulintas guna mewujudkan kamseltibcarlantas.

"Intinya bagaimana membangun kesadaran untuk safety riding, mengutamakan keselamatan dalam berkendara," tukasnya.

Dalam kegiatan tersebut Satlantas Polres Sumbawa Barat juga melakukan penyebaran brosur tentang prosedur tata cara dan mekanisme pembuatan SIM.  Melaksanakan praktek SIM dengan didampingi oleh anggota Regident.

Selain itu juga disampaikan imbauan Keamanan, Keselamatan, Ketertiban, dan Kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas) serta jenis-jenis pelanggaran lalu lintas meliputi pelanggaran tidak menggunakan helm, mengemudi dalam pengaruh alkohol atau narkoba, mengemudi melebihi batas kecepatan maksimal, pengendara dibawah umur, tidak mengenakan sabuk pengaman, menggunakan ponsel saat berkendara, melawan arus, dan penggunaan lampu rotator strobo.

"Kegiatan ini akan terus kami lakukan terutama di sekolah-sekolah sebagai upaya peningkatan kesadaran tertib berlalu lintas di KSB ini," ujar Kasatlantas IPTU Putu Gede Caka PR. (*)
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Satlantas Polres KSB Sosialisasi Safety Riding dan Pengenalan Praktek SIM untuk Pelajar SMA

Trending Now