Hadiri Pelantikan Pengurus PHDI NTB, Gubernur Tekankan Pentingnya Aspek Spiritual dalam Kehidupan Sosial

MandalikaPost.com
Sabtu, Februari 08, 2020 | 14.36 WIB
PELANTIKAN PHDI. Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah saat menghadiri pelantikan pengurus PHDI NTB di Pura Jagatnata Mayura, Cakranegara, Kota Mataram.


MATARAM - Gubernur NTB Dr H Zulkieflimansyah menghadiri upacara Wijaya-Jaya atau pelantikan pengurus Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Provinsi NTB yang dirangkaikan dengan pengukuhan pengurus Krama Pura NTB masa bhakti 2019-2024, Sabtu (8/2/) di Pura Jagatnata Mayura, Cakranegara, Kota Mataram.

Kehadiran Gubernur Zulkieflimasnyah di Pura Jagatnata Mayura disambut dengan Tari Penyambutan Sekar Jagat yang disajikan oleh muda-mudi Hindu Dharma.

Dalam sambutannya, Gubernur Zulkieflimansyah mengucapkan selamat atas terpilihnya Ketua dan pengurus baru PHDI NTB. Ia berharap agar pengurus baru PHDI NTB dapat menjalankan amanat dengan baik serta bekerja maksimal dalam melayani masyarakat.

Gubernur Zulkieflimasnyah menekankan tentang pentingnya ilmu spiritual di masa sekarang ini. Kemampuan spiritual terutama dalam pengendalian emosi sangat bermanfaat dalam banyak hal.

"Salah satu kunci masyarakat di dunia modern untuk merasakan kebahagiaan itu yang pertama adalah punya kemauan, kerendahan hati untuk memberi maaf," kata Zulkieflimansyah.

Gubernur Zulkieflimansyah bersama jajaran pengurus PHDI NTB periode 2019-2024 di Pura Jagatnata Mayura, Cakranegara, Kota Mataram.

Gubernur Zul menilai, spiritualitas yang baik harus segera dibangun dari sekarang. Meski kerap dianggap sepele, menurutnya, hanya orang yang berhati besar dan jiwanya lapang saja yang mampu melakukan hal tersebut.

"Dan mudah-mudahan kalau pengurus baru ini bisa menghadirkan umat Hindu di NTB ini punya kebesaran jiwa, memberi maaf, saya kira kohesi sosial kita di NTB ini akan berubah," katanya.

Zulkieflimansyah juga menyampaikan tentang pentingnya untuk bersyukur. Ia mengajak semua orang untuk menikmati dan mensyukuri apa yang dimiliki saat ini.

"Orang yang jiwanya matang adalah jiwa yang memungkinkan batinnya diajak berhenti sejenak, mensyukuri hidup ini kemudian jernih dalam mengambil banyak keputusan," ujarnya.

Gubernur Zulkieflimansyah menambahkan, tugas besar pengurus PHDI NTB adalah menghadirkan kedamaian agar umat Hindu, masyarakat Nusa Tenggara Barat menjadi jiwa-jiwa yang tenang, tentram sehingga mampu menjernihkan umat manusia di masa yang akan datang.

Sementara itu, Ketua PHDI NTB terpilih, Ida Made Santhi Adnya SH MH, mengungkapkan rasa terima kasih dan apresiasinya terhadap Ketua PHDI NTB terdahulu serta para pengurus-pengurusnya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada Gubernur yang baru-baru ini menerima penghargaan sebagai Tokoh Pemberdayaan Tahun 2019.

"Kami akan membuat piagam penghargaan atas jasanya kepada umat Hindu di Nusa Tenggara Barat, khususnya kepada Parisada," kata Ida Made Santhi.

Ida Made Santhi berharap kedepannya sinergi PHDI NTB dengan kelembagaan agama di NTB dapat lebih ditingkatkan, baik Hindu maupun dengan agama lain. Begitu pun dengan kerjasama pemerintah daerah diharapkan bisa terjalin dengan baik. Hal ini bertujuan untuk memicu terciptanya keharmonisan dan kedamaian di Nusa Tenggara Barat.

Mewakili PHDI NTB, ia menyatakan komitmennya dalam mendukung penuh program pemerintah Nusa Tenggara Barat.

Sebelumnya, Ketua Panitia Upacara Wijaya-Jaya, I Gusti Ayu Agung Andriani, SH MH, dalam laporannya mengatakan bahwa selain melantik pengurus PHDI NTB yang baru, upacara ini juga sekaligus untuk membersihkan dan mensucikan diri secara spiritual.

"Sehingga semakin memperkuat komitmen PHDI sesuai dengan tema yang diusung hari ini adalah ‘Melalui Upacara Mejaya - Jaya Perkuat Komitmen PHDI NTB Secara Spiritual Untuk Mengabdi dan Melayani'," ungkapnya.

Pelantikan ini ditandai dengan penyerahan pataka kepada pengurus PHDI NTB yang lama kepada pengurus PHDI NTB periode 2019-2024. (*)

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Hadiri Pelantikan Pengurus PHDI NTB, Gubernur Tekankan Pentingnya Aspek Spiritual dalam Kehidupan Sosial

Trending Now