Seribuan Pebalap Sepeda Siap Ramaikan L'Etape Indonesia di Mandalika Lombok

MandalikaPost.com
Rabu, Februari 26, 2020 | 20.18 WIB
L'ETAPE INDONESIA. Launching official jersey L'Etape Indonesia by Tour de France, di Hotel Jambuwuluk, Jakarta.

JAKARTA - Tak kurang dari 1.300 pebalap sepeda dari 20 negara siap bertarung dalam ajang internasional bertajuk L'Etape Indonesia by Tour de France. Kejuaraan olahraga balap sepeda jalan raya (road bike) ini bakal digelar di area Kuta Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), pada 5 April 2020 mendatang.

L’Etape Indonesia by Tour de France dipersembahkan oleh penyelenggara Tour de France A.S.O (Amaury Sport Organization) bekerja sama dengan promotor olahraga asal Indonesia, Rocca. Indonesia bergabung dengan 12 negara lain yang menjadi tuan rumah L'Etape pada tahun 2020 diantaranya Kolombia, Swiss, Amerika Serikat, Meksiko, Tiongkok, Australia, Thailand, dan Indonesia.

“Tour de France sebagai salah satu lomba balap sepeda legendaris di dunia menarik minat jutaan penggemar balap sepeda untuk merasakan sensasi lomba secara langsung baik dari lokal maupun internasional, saat ini sudah ada hampir 20 negara yang terdaftar mengikuti acara ini,” ungkap Zacky Badrudin, Event Direktur L'Etape Indonesia by Tour de France, Rabu (26/2) di Hotel Jambuluwuk, Jakarta.

Sensasi balap sepeda ala Tour de France sebagai ajang balap sepeda paling bergengsi di dunia bakal dapat dirasakan peserta di ajang L’Etape Indonesia ini. Mulai dari inagurasi jawara tanjakan King of Mountain (KOM) dengan jersey polkadot, jersey hijau untuk jawara sprint, dan pemenang lomba secara umum yang akan memperoleh jersey kuning, serta jersey putih untuk pemenang pembalap muda.

Ada dua kategori yang dilombakan lomba yakni 135 km dan 80 km. Pilihan dua jarak lomba ini untuk memberikan sensasi lebih kepada para peserta ala Tour de France sekaligus menawarkan pengalaman lebih untuk menikmati sport tourism di Indonesia.

Kepala Dinas Pariwisata NTB, Lalu Moh Faozal mengaku ajang L'Etape Indonesia mengangkat sport tourism di Lombok dan tidak jauh lokasinya dari Sirkuit Mandalika untuk MotoGP.

Tentu ini memberi dampak positif. Kami sudah menyiapkan semuanya, baik venue dengan trek terbaiknya dan kami sudah cek rute, unsur pendukung juga sudah siap. Begitu juga dengan shuttle bus dari bandara sampai ke Mandalika untuk peserta maupun wisatawan selama pelaksanaan event. Semuanya sudah siap dari hal balapan sampai pariwisata," ujar Moh Faozal.

Ketua Harian PB ISSI, Bagus Hermanto, mengapresiasi Rocca selaku promotor yang berhasil membawa franchise balap sepeda Tour de France ke Tanah Air dengan nama L'Etape Indonesia. Kejuaraan ini dinilai bisa menjadi salah satu ajang ISSI menjaring bakat-bakat atlet balap sepeda khususnya di kategori road race.

"L'Etape Indonesia ini kami harapkan bukan hanya ada tahun ini, tapi terus ada di tahun-tahun selanjutnya. Kami harap event ini bisa jadi wadah amatir yang jadi feeder atau melahirkan atlet-atlet sepeda profesional," kata Bagus.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Seribuan Pebalap Sepeda Siap Ramaikan L'Etape Indonesia di Mandalika Lombok

Trending Now