Walikota Mataram Terima Penghargaan Nasional Pengawasan Kearsipan

MandalikaPost.com
Rabu, Februari 26, 2020 | 22.46 WIB
Walikota Mataram H Ahyar Abduh saat menerima penghargaan kearsipan di Surakarta, Jawa Tengah.

MATARAM - Walikota Mataram H. Ahyar Abduh menerima Penganugerahan Pengawasan Kearsipan Tahun 2020 pada acara Rapat Koordinasi Nasional Pengawasan Kearsipan Nasional. Dengan tema Arsip untuk Indonesia Maju acara ini diselenggarakan di Kota Surakarta Jawa Tengah.

Penghargaan ini diberikan, sehubungan telah ditetapkannya nilai hasil pengawasan kearsipan pada Kementerian/Lembaga dan Pemerintah Daerah Tahun 2019.

Hal tersebut sebagai salah satu upaya mengukur kesesuaian antara penerapan standar kearsipan dilingkungan pencipta arsip dengan peraturan perundang-undangan di bidang kearsipan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Apratur Negara dan Reformasi Birokrasi RI, Tjahyo Kumolo dan dihadiri oleh Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, plt Kepala Arsip Nasional, Kepala Ombusmen RI, Walikota/Bupati seluruh Indonesia penerima penghargaan.

Walikota Mataram, Ahyar Abduh usai menerima penghargaan mengatakan Kota Mataram mendapat penghargaan dengan kategori memuaskan. Capaian ini merupakan harus diipertahankan dan terus ditingkatkan karena bangsa yang besar adalah bangsa yang bisa memelihara seluruh dokumen untuk kearsipan yang penting.

Untuk itu kedepan, seluruh dokumen yang memiliki nilai penting dan strategis untuk peningkatan pembangunan di Kota Mataram harus lebih dijaga.

“Jadi saya baru saja menerima penghargaan langsung dari pak Menteri PANRB, penghargaan atas capaian pemerintah Kota mataram dalam bidang kearsipan. Penghargaan ini juga atas dukungan masyarakat. Di mana, Kota Mataram mendapatkan reward dalam bidang kearsipan dengan kategori memuaskan. Dan hal ini harus kita pertahankan,” kata Walikota Mataram H. Ahyar Abduh.

Sementara itu Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Kota Mataram, Hj. Siti Miftahayatun menjelaskan Kota Mataram dinilai memiliki komitmen yang kuat untuk pengelolaan.  Meski diakui, arsip di masing – masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup pemkot Mataram masih belum maksimal, akan tetapi komitmen untuk menyiapkan regulasi sudah dianggap sudah lengkap. Sehingga selanjutnya bagaimana memacu OPD untuk menata arsipnya sesuai dengan regulasi tersebut.

“Jadi kita dinilai memiliki komitmen yang kuat di Kota Mataram. Memang dalam pengelolaan arsip di OPD belum sempurna. Tapi kita memiliki relugasinya dan sekarang ini bagaimana kita memacu OPD – OPD kita mereka menata arsip sesuai dengan regulasi,”ujar Miftah.

Salah satu upaya untuk keberhasilan Kearsipan Nasional adalah dengan melakukan Pengawasa Kearsipan. Demikian disampaikan plt Kepala Arsip Nasional, M. Taufik dalam laporannya.

Selain itu, ia berharap dukungan Menpan RB kedepan berupa regulasi, Sumber Daya Manusia dan sumber daya lainnya, sehingga dapat terlaksananya kearsipan yang baik menuju Indoneaia Maju. MP/AMI
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Walikota Mataram Terima Penghargaan Nasional Pengawasan Kearsipan

Trending Now