Aktivitas Penerbangan Internasional di Bandara Lombok Masih Normal

MandalikaPost.com
Selasa, Maret 03, 2020 | 16.07 WIB
Simulasi penanganan suspect corona di Bandara Internasional Lombok.

LOMBOK TENGAH - Sejumlah penerbangan luar negeri di Bandara Internasional Lombok (BIL) terpantau masih normal, dan belum terpengaruh dampak virus corona.

Namun Manajemen Angkasa Pura I BIL tetap menerapkan standar pemeriksaan kesehatan untuk para penumpang yang datang, sebagai mengantisipasi penyebaran virus corona.

"Sejauh ini operasional penerbangan dari dan ke luar negeri masih berlangsung normal, baik dari dan ke Kualalumpur, Singapura, maupun Perth," kata Manajer Hukum dan Komunikasi BIL, Arif Haryanto, Selasa (3/3) di BIL, Lombok Tengah.

Menurutnya, data tercatat pada 1 Maret 2020 jumlah penumpang sebanyak 8.947, terdiri dari 8.461 penumpang domestik dan 486 penumpang penerbangan internasional dari Singapura, Malaysia, dan Australia.

Sementara pada 2 Maret 2020 ada 7.491 penumpang terdiri dari 6.939 domestik dan 552 internasional.

"Jumlah ini masih tergolong normal untuk BIL. Sementara ini belum terdampak (virus corona). Dua hari terakhir masih normal juga," kata Arif.

Menurutnya, manajemen BIL terus memantau pergerakan penumpang dengan berkoordinasi dengan instansi terkait.

BIL juga menyediakan fasilitas pemeriksaan kesehatan termasuk thermal scanner yang terpasang, baik ruang kedatangan domestik maupun internasional.

"Petugas kantor kesehatan pelabuhan (KKP) kelas II mataram juga siap siaga memantau penumpang melalui thermal scannernya di BIL," katanya.

Arif menambahkan, sebelumnya manajemen BIL dan stakeholders terkait juga sudah menggelar simulasi kesiapsiagaan penanganan suspect corona. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika ada penumpang dengan gejala corona agar dapat ditangani sesuai standar.

Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Aktivitas Penerbangan Internasional di Bandara Lombok Masih Normal

Trending Now