Update Covid-19 NTB : Positif 2, PDP 23, dan ODP 550 Orang

MandalikaPost.com
Sabtu, Maret 28, 2020 | 16.08 WIB
Data Perkembangan Covid-19 NTB Pertanggal 28 Maret 2020. (Sumber: Diskominfotik NTB)

MATARAM - Perkembangan jumlah orang diperiksa dalam status siaga darurat Covid-19 di NTB tercatat meningkat terutama untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP).

Namun untuk kasus positif Covid-19, hingga Sabtu (28/3) untuk NTB tetap tercatat 2 kasus, yang sudah diumumkan pekan lalu.

"Kasus positif tetap 2 kasus. Tapi data ODP memang meningkat menjadi 550 kasus. Ada penambahan ODP sebanyak 162 orang tersebar di beberapa Kabupaten/Kota," kata Kepala Dinas Kominfotik NTB, I Gede Putu Aryadi, Sabtu (28/3) di Mataram.

Aryadi mengatakan, jumlah ODP meningkat karena Pemerintah Provinsi NTB, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 NTB, dan sinergitas antar Pemda Kabupaten/Kota melakukan pengetatan dan peningkatan kewaspadaan di sejumlah pintu masuk.

Peningkatan ODP juga terjadi lantaran banyak masyarakat NTB yang pulang dari luar daerah atau luar negeri.

"Jadi standar protokolnya memang begitu. Mereka yang datang dari luar daerah atau luar negeri diperiksa, dan kalau ada riwayat bepergian ke daerah terpapar maka akan masuk dalam status ODP karena harus dipantau. Ini menyebabkan jumlah ODP meningkat, tapi ODP bukan pasti positif," katanya.

Aryadi menekankan, peningkatan ODP tidak perlu membuat panik masyarakat. Sebab, semakin banyak ODP maka semakin meminimalissir potensi penyebaran Covid-19 di NTB.

"Peningkatan jumlah ODP ini justru menujukan bahwa NTB serius dalam mengantisipasi penyebaran Covid-19. Dan masyarakat tidak perlu panik karena ODP belum tentu terpapar Covid-19," katanya.

Data yang diperoleh Dinas Kominfotik NTB dari Satuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi NTB menyebutkan, hingga Sabtu (28/3) di NTB tercatat 2 kasus positif Covid-19.

BACA JUGA : Dua Kasus Positif Covid-19 di NTB

Sementara jumlah ODP secara komulatif sebanyak 759 orang. Dari jumlah itu yang sudah lepas dari pemantauan sebanyak 209 orang, sehingga masih ada sebanyak 550 orang dalam status ODP.

Data yang sama menyebutkan, jumlah Pasien Dalam Perawatan (PDP) di NTB secara komulatif tercatat sebanyak 42 orang. Dari jumlah itu, yang sudah selesai pengawasan sebanyak 19 orang, sehingga tersisa 23 kasus PDP.

"Kemarin tercatat 20 kasus PDP dan hari ini bertambah 3 kasus, terdiri dari 1 kasus di Lombok Barat, 1 kasus Lombok Timur, dan 1 kasus di Dompu. Sehingga total PDP per hari ini 23 orang. Tapi ini juga belum tentu positif Covid-19 karena masih dilakukan pemeriksaan swap di labkes," katanya.

Aryadi mengatakan, saat ini Pemprov NTB terus berupaya meminimalisir penyebaran Covid-19 di wilayah NTB. Edukasi, sosialisasi dan penyemprotan disinfektan juga terus dilakukan bersama dengan Pemda Kabupaten dan Kota di NTB.

BACA JUGA : Masyarakat Harus Ikuti Anjuran Pemerintah 

Pemprov NTB juga sudah memasang sejumlah Box Disinfektan Sprayer di Bandara dan sejumlah objek vital yang ada.

Menurutnya, yang paling penting adalah partisipasi masyarakat untuk tetap mengikuti anjuran pemerintah. Terutama dalam hal penerapan sosial distancing, menerapkan pola hidup sehat, dan menghindari kerumunan orang dalam jumlah banyak.

"Jadi peran masyarakat juga sangat dibutuhkan. Perlu kesadaran bersama untuk memerangi penyebaran Covid-19 ini," katanya. (*) 
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Update Covid-19 NTB : Positif 2, PDP 23, dan ODP 550 Orang

Trending Now