Dua Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh, Total Pasien Sembuh di NTB jadi Tujuh Orang

MandalikaPost.com
Rabu, April 15, 2020 | 23.48 WIB
Update Covid-19 NTB 15 April 2020. (Sumber Gugus Tugas Perceparan Penanganan Covid-19 NTB)

MATARAM - Dua pasien Covid-19 di NTB dinyatakan sembuh. Jumlah ini menambah angka kesembuhan menjadi 7 orang.

Sekda NTB H Lalu Gita Ariadi menjelaskan, dua pasien yang dinyatakan sembuh adalah pasien nomor 05, an. Ny. M, perempuan, usia 50 tahun, penduduk Kecamatan Lunyuk Kabupaten Sumbawa.

M dinyatakan sembuh setelah hasil swab diperiksa dua kali keduanya negatif.

"Saat ini pasien masih dirawat di RSUD H.L. Manambai Abdulkadir Sumbawa untuk perbaikan kondisi dan direncanakan segera keluar rumah sakit," kata Lalu Gita, melalui keterangan tertulis, Rabu malam (15/4) di Mataram.

Sedangkan pasien sembuh lainnya adalam pasien nomor 09, an. Ny. NM, perempuan, usia 28 tahun, penduduk Desa Toya, Kecamatan Aikmel, Kabupaten Lombok Timur. NM dinyatakan sembuh setelah diperiksa dua kali keduanya negatif.

"Pasien masih dirawat di RSUD R. Soedjono Selong untuk perbaikan kondisi dan direncanakan segera keluar rumah sakit," ujar Gita.

Pada Rabu (15/4) tidak terjadi peningkatan kasus positif Covid-19 di NTB. Sehingga dengan bertambahnya pasien yang sembuh maka jumlah pasien konfirmasi positif Covid-19 di Provinsi NTB sampai Rabu (15/4) tetap sebanyak 41 orang, dengan perincian 7 (tujuh) orang sudah sembuh, 2 (dua) orang meninggal dunia, dan 32 orang masih positif dan dirawat dalam keadaan baik. 

Gita menandaskan, semua pasien yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasil laboratorium swab negatif dua kali telah bebas dari Covid-19.

"Oleh karena itu, diharapkan masyarakat tidak perlu khawatir tertular Covid-19 pada pasien yang telah sembuh serta mendukung pasien untuk melanjutkan perbaikan kondisi di rumah masing-masing sampai 14 hari setelah keluar rumah sakit," katanya.

Ia menambahkan, hingga Rabu malam,  jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di NTB tercatat sebanyak 183 orang dengan perincian 94 orang PDP masih dalam pengawasan, 89 orang PDP selesai pengawasan/sembuh, dan 12 orang PDP meninggal.

Untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) jumlahnya 4.000 orang, terdiri dari 1.153 orang masih dalam pemantauan dan 2.847 orang selesai pemantauan.

Jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) yaitu orang yang kontak dengan pasien positif Covid-19 namun tanpa gejala sebanyak 912 orang, terdiri dari 819 orang masih dalam pemantauan dan 93 orang selesai pemantauan.

Sedangkan Pelaku Perjalanan Tanpa Gejala (PPTG) yaitu orang yang pernah melakukan perjalanan dari daerah terjangkit Covid-19 sebanyak 34. 211 orang, yang masih menjalani karantina sebanyak 15.899 orang, dan yang selesai menjalani masa karantina 14 hari sebanyak 18.312 orang.

Lalu Gita menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada masyarakat yang telah berperan aktif dalam upaya pemutusan rantai penularan Covid-19.

"Kita semua adalah garda terdepan untuk mencegah dan menghentikan penularan virus ini. Oleh karenanya, mari terus jaga kewaspadaan, memperhatikan seluruh himbauan pemerintah, menerapkan physical distancing minimal dua meter, senantiasa menjaga kebersihan, sering cuci tangan dengan sabun di air mengalir, sebisa mungkin tetap berada di rumah serta selalu memakai masker jika terpaksa harus keluar rumah," katanya.

Ia juga mengapresiasi masyarakat yang pulang dari daerah terjangkit Covid-19, yang telah dengan kesadaran sendiri melakukan karantina mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari dalam upaya pemutusan rantai penularan Covid-19. 

Untuk menghindari informasi yang tidak benar tentang Covid-19, masyarakat diharapkan mendapatkan informasi dari sumber-sumber resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

Pemerintah Provinsi menyediakan laman resmi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 http://corona.ntbprov.go.id, serta layanan Provincial Call Centre (PCC) Penanganan Penyebaran Pandemik Covid-19 NTB  di nomor 0818-0211-8119.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Dua Pasien Covid-19 Dinyatakan Sembuh, Total Pasien Sembuh di NTB jadi Tujuh Orang

Trending Now