Iklan

Kades Sembalun Bumbung Salurkan BLT DD Langsung ke Rumah Penerima Manfaat

MandalikaPost.com
Kamis, Mei 21, 2020 | 13:21 WIB Last Updated 2020-05-21T06:21:45Z
Penyaluran BLT DD di Desa Sembalun Bumbung, Lombok Timur.

LOMBOK TIMUR - Sebanyak 436 Kepala Keluarga (KK) di Desa Sembalun Bumbung, Kecamatan Sembalun, Lombok Timur, menerima Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa sebagai bentuk kepedulian Pemdes setempar terhadap warga yang terdampak Covid-19.

Kades Sembalun Bumbung, Sunardi mengatakan, pemberian BLT kepada 436 KK penerima ini dilakukan dengan mengunjungi langsung rumah para penerima manfaat di Dusun masing-masing.

"Kita salirkan langsung ke rumah, sebagai bentuk keseriusan kami, dan bukti bahwa yang menerima manfaat dari setiap bantuan ini bisa dipastikan benar-benar tepat sasaran dan sesuai dengan kriteria yang ditentukan," katanya.

Pembagian bantuan tersebut, lanjutnya, dibagikan langsung di masing-masing Dusun dengan penempelan stiker di rumah masyarakat penerima. Selain itu pemdes setempat membagikan ratusan masker ke warga setempat yang menerima BLT maupun warga yang ditemui tidak menggunakan masker.

"Kami bukan sekedar memberikan bantuan BLT-DD ke warga penerima manfaat, terlebih itu sambil sosialisasi bahayanya corona virus atau Covid-19. Agar masyarakat kami sadar akan bahayanya dan mereka mau menuruti himbauan pemerintah, selalu menggunakan masker jika berada diluar rumah", terangnya.

Selain itu upaya ini, dilakukan untuk bisa memudahkan pihaknya mengindentifikasi masyarakat setempat yang sudah menerima dan atau yang belum menerima bantuan sama sekali.

"Upaya yang kami lakukan ini, untuk mempermudah indetifikasi warga kami. Yang sudah maupun yang belum dapat itu biar jelas agar tidak menimbulkan gejolak dimasyarakat, bantuan apaun nama dan jenisnya sangat rentan ujung-ujungnya pemdes yang di salahakan", imbuhnya.

Untuk Kecamatan Sembalun, Desa Sembalum Bumbung merupakan desa pertama yang membagikan BLT DD dengan pola yang berbeda.

"Tidak seperti pembagian di Desa-desa lain yang ada di Sembalun bahkan Lotim," tukasnya.

Sunardi menambahkan, selain BLT DD yang 436 KK, warga lainnya juga ada yang menerima BST Kemensos sebanyak 224 KK. Namun masih dipending pembagiannya karena tidak sesuai dengan data yang dikirim dari pusat, data yang digunakan itu data 2014.

"Tentunya kami sudah mengajukan data terbaru, namun yang kami terima data 2014. Sementara kami tunda dulu pembagian BST tersebut sambil menunggu data baru yang kami usulkan", tegasnya.

Pihaknya juga sudah berkordinasi dengan Pemda Lotim, yakni, langsung dengan Bupati Lotim, H Sukiman Azmi. Bupati  langsung merespon usulan dari Pemdes Sembalun Bumbung dan akan membantu usulan tersebut ke Pemerintah Pusat.

"Alhamdulillah, pak Bupati respon dengan masalah kami dan Innsya Allah kami di bantu untuk mengusulkan data yang baru ke Pemerintah Pusat. Disini besar harapan kami segera di realisasikan karena masyarakat kami sangat butuh," harapnya.

Kegiatan pembagian BLT DD di Sembalun Bumbung juga dihadiri Kapolsek Sembalun melalui Polmas Sembalun Bumbung , Danpos Ramil Sembalun melalui Babinsa Sembalun Bumbung, Camat Sembalun, dan para Pendamping Desa serta BPD Desa tersebut. MP/Rosyidin
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Kades Sembalun Bumbung Salurkan BLT DD Langsung ke Rumah Penerima Manfaat

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online