Iklan Yamaha

BPS : Sektor Pariwisata Kembali Hidup di Era New Normal

MandalikaPost.com
Kamis, Juli 2 | 14.32 WIB
THE MANDALIKA. Indahnya pantai Kuta Lombok di kawasan pariwisata The Mandalika, Lombok Tengah, NTB.

JAKARTA -  Kepala Badan Pusat Statistik (BPS), Suhariyanto mengatakan sudah ada pergerakan aktivitas yang terjadi di sektor pariwisata. Hal ini seiring dengan pelonggaran aktivitas masyarakat dilakukan pemerintah dalam kondisi kenormalan baru.

"Di big data BPS terlihat bahwa sejak WFO diterapkan pada 5 Juni kemarin, mulai 8 Juni sudah ada aktivitas, tentunya tetap dengan imbauan bahwa masyarakat patuh ke protokol kesehatan," katanya, di Jakarta.

Kendati demikian, dia tidak bisa memastikan daerah daerah pariwisata mana saja yang sudah mulai ada aktivitas dan pergerakan ekonomi. Sebab, untuk menjawab itu diperlukan data yang nantinya akan dirilis pada bulan depan.

"Pertanyaannya untuk daerah pariwisata mulai bergerak? Kalau mau lihat denyut pariwisata di Juni, kita harus tunggu bulan depan," kata dia.

Di samping itu, kata dia, butuh waktu untuk mengembalikan keadaan jumlah wisatwan mancanegara (wisman) untuk melancong ke Indonesia. Karena untuk datang ke Tanah Air wisman harus mengikuti seluruh rangkaian protokol kesehatan ditetapkan oleh pemerintah.

"Karena untuk datang ke daerah wisata protokol kesehatan ketat jadi kemungkinan untuk pariwisata butuh waktu kecuali untuk wisatawan domestik yang kita lihat beberapa tempat hiburan sudah mulai ramai," kata dia.
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • BPS : Sektor Pariwisata Kembali Hidup di Era New Normal

Trending Now

Iklan