Iklan

Lima Desa di Lombok Tengah Bersiap jadi Desa 1000 Sapi

MandalikaPost.com
Kamis, Oktober 22, 2020 | 14:11 WIB Last Updated 2020-10-22T07:12:10Z
Ir Hj Budi Septiani.

MATARAM - Lima Desa di wilayah Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) disinergikan menjadi Desa 1000 Sapi. Kelima desa itu yakni Desa Pengengat, Sukadana, Teruwai, Bangket Parak, dan Desa Mertak.


Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi NTB, Ir. Hj. Budi Septiani mengatakan, NTB dalam hal ini Lombok Tengah sebagai penerima manfaat dari program 1000 sapi tengah menyiapkan persediaan kandang, pakan serta pengembangan hijauan pakan ternak (HTP).


"Pengadaan dari pusat tidak ada dari kita. Kita penerima manfaat saat ini kita  dalam proses persediaan, persiapan kandang persiapan pengembangan HTP. Sekarang sedang bimtek juga," kata Budi Septiani.


Budi mengatakan, persiapan sudah berjalan 80 persen. Sekarang sudah mulai gerakan menanam pakan dan ada pendampingan dari Universitas Mataram.


"InsyaAllah jika tendernya berjalan lancar November mungkin sudah bisa sapi tersebut didatangkan ke petani ternak," katanya.


Dijelaskan, kandang milik kelompok dan di masing-masing desa per kelompok menerima 200 ekor Sapi. Masing-masing kelompok harus menyiapkan 40 Hektare untuk hijauan pakan ternak (HTP) dan kandangnya kurang lebih 60 Are. 


"NTB sudah ada bahan baku yang disiapkan makanya kita terpilih. Kalau nggak siap nggak akan terpilih. Dalam proses calon petani calon lahan (CPCL) nya juga sangat ketat. InsyaAllah November bisa mulai, karena begitu Sapinya  datang  tentunya pakannya harus siap jadi persyaratan utama untuk penerima program harus ketersediaan pakannya terjamin," katanya.


Reporter : Ariyati Astini
Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Lima Desa di Lombok Tengah Bersiap jadi Desa 1000 Sapi

Trending Now

Iklan

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, 

pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online