Gempa Bumi Magnitudo 4,9 Guncang Lombok Utara

MandalikaPost.com
Senin, Januari 11, 2021 | 12.16 WIB
Data analisa gempa bumi Lombok Utara, Senin 11 Januari 2021.

MATARAM - Gempa bumi berkekuatan 4,9 Magnitudo mengguncang Lombok Utara, NTB, Senin, 11 Januari 2021 sekira pukul 06:40:15 WITA.


Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=4,9. Episenter terletak pada koordinat 8,30 LS dan 116,23 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 10 km Timur Laut LOMBOK UTARA-NTB,  pada kedalaman 11 km.


Kepala BMKG Stasiun Geofisika Mataram, Ardhianto Septiadhi menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar aktif busur belakang ( Back Arc Thrust). Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan naik (thrust fault).  


"Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di  Lombok Utara, Lombok Barat, Kota Mataram III MMI atau getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu," kata Ardhianto, Senin (11/01/2021).

  

Dijelaskan, hingga pukul 06:56 WITA, hasil monitoring BMKG tidak menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan. 


Ardhianto mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.


"Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi," tukas dia.


Info BMKG bisa diakses melalui :

(Instagram/Twitter @infoBMKG), website (http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), telegram chanel (https://t.me/InaTEWS_BMKG), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg.


Komentar
komentar yang tampil sepenuhnya tanggung jawab komentator seperti yang diatur UU ITE
  • Gempa Bumi Magnitudo 4,9 Guncang Lombok Utara

Trending Now